Ollie Watkins Layak Marah Tidak Mendapat Tempat Starter di Timnas Inggris dari Lee Carsley

JAKARTA - Ollie Watkins tidak menjadi starter saat Inggris menjamu Yunani pada laga ketiga UEFA Nations League di Stadion Wembley, 11 Oktober 2024, dini hari WIB.

Pelatih interim Timnas Inggris, Lee Carsley, malah bereksperimen dengan memasang Jude Bellingham dan Phil Foden sebagai ujung tombak.

Padahal, Watkins sejatinya menjadi kandidat kuat mengisi pos striker kalah Harry Kane absen ketimbang Noni Madueke atau Dominic Solanke.

Situasi itu pun mengundang perhatian. Salah satunya dari mantan striker Inggris, laan Shearer.

Shearer menyebut bahwa Watkins memiliki hak penuh untuk marah kepada Carsley karena tidak menjadi starter.

Penyerang Aston Villa itu baru dimainkan pada menit ke-60 menggantikan Anthony Gordon.

Tak heran, Shearer menegaskan bahwa Watkins harus menuntut Carsley untuk menjadi starter saat melawan Finlandia pada 13 Oktober 2024.

"Anda pasti akan sangat marah jika Anda adalah Ollie Watkins, bukan? Penyerang tengah utama Anda cedera dan Anda telah berteriak-teriak meminta kesempatan."

"Ketika Anda masuk, Anda sebenarnya telah melakukannya dengan baik. Dia bermain dengan baik di level klub."

"Namun, ketika Kane absen, manajer mendatangi Anda dan mengatakan tidak akan memainkan Anda malam ini di kandang melawan Yunani serta akan mencoba sesuatu yang berbeda."

"Dia punya hak untuk (marah). Dia seharusnya mengetuk pintunya harus bermain di pertandingan berikutnya jika Kane tidak fit," ujar di podcast The Rest is Football.

Eksperimen Carsley tidak memainkan striker murni melahirkan petaka buat Three Lions. Mereka kalah 1-2 dari Yunani di kandang.

Memainkan Cole Palmer, Phil Foden, dan Jude Bellingham yang dirotasi untuk mengisi pos terdepan sebelum Watkins masuk ternyata tidak bekerja baik.

Sementara itu, Carsley sadar eksperimennya gagal dan dia pasang badan. Selanjutnya menatap laga melawan Finlandia di Helsinki, pelatih 50 tahun itu harus mempertimbangkan kehadiran Watkins.

Sang penyerang sudah mencetak 27 gol dalam 53 pertandingan untuk Aston Villa pada musim lalu.

Watkins juga menjadi pahlawan Three Lions di Euro 2024 saat mencetak gol kemenangan pada menit ke-90 melawan Belanda di semifinal.

Sejauh ini, Watkins telah mendapatkan 15 penampilan untuk Inggris dan mencetak empat gol.

Hanya lima penampilan di antaranya yang mana Watkins menjadi starter. Terakhir kali dia menjadi starter buat Inggris terjadi saat menang 3-0 atas Bosnia-Herzegovina dalam laga persahabatan pada Juni 2024.