Edukasi Lalu Lintas: Ditlantas Polda Riau Ajak Pengendara Tertib di Jalan Yos Sudarso

PEKANBARU - Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat, SIK, MH, terus melaksanakan berbagai kegiatan sosialisasi Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas, salah satunya melalui Kampanye Keselamatan dengan program Tematik Ditlantas Polda Riau yang mengusung tema "Riau Adalah Kita".

Kali ini, kegiatan Kampanye Keselamatan berlangsung di Traffic Light Jl. Yos Sudarso, Pekanbaru. Tampak di lokasi kegiatan, Tim dipimpin langsung oleh Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Riau AKBP Dasril, SPd, MM, didampingi oleh Kasi Dikmas Ditlantas Polda Riau Kompol Sunarti, SH, bersama beberapa personel Ditlantas Polda Riau menggunakan peraga gimik-gimik dan spanduk imbauan.

"Ya mas, kita akan terus melaksanakan berbagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar selalu tertib dalam berlalu lintas. Terlebih saat ini kita dalam suasana Pilkada Damai 2024 dan jelang pelantikan Presiden RI yang tidak lama lagi. Kami dari Ditlantas Polda Riau juga meluncurkan Program Tematik dengan tema 'Riau Adalah Kita'," ujar Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat kepada awak media, Jumat 11 Oktober.

Di lokasi kegiatan, personel Ditlantas Polda Riau tampak menyapa para pengendara, khususnya pengendara roda dua dan pengguna jalan lainnya, sambil menyampaikan imbauan Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas. Personel Ditlantas Polda Riau juga membagikan brosur imbauan kepada para pengendara.

"Kita bagikan puluhan brosur imbauan Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas kepada pengendara dan pengguna jalan lainnya. Selain itu, kita juga memberikan helm SNI secara gratis bagi pengendara yang helmnya sudah rusak, namun mereka tetap lengkap dan tertib secara administrasi diri maupun kelengkapan kendaraan. Itu merupakan salah satu bentuk apresiasi dari Ditlantas kepada pengendara yang patuh dalam berlalu lintas," ujar AKBP Dasril saat ditemui awak media di lokasi kegiatan.

Diketahui bahwa melalui program Kampanye Keselamatan dengan mengusung tema "Riau Adalah Kita", personel Ditlantas Polda Riau selain menyampaikan imbauan Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas, juga mengajak pengendara untuk selalu menjaga Kamtibmas dan tidak golput saat Pilkada Damai 2024 dilaksanakan.

"Kami juga mengajak para pengendara yang hobi membuat konten untuk mengikuti lomba video kreatif dalam menyampaikan pesan keselamatan kepada masyarakat. Melalui program 'Riau Adalah Kita', Ditlantas Polda Riau memberikan peluang bagi para konten kreator untuk menyalurkan kreativitasnya," tambah Kasi Dikmas Ditlantas Polda Riau.

Sementara itu, Putra, salah satu pengendara yang beruntung mendapatkan helm SNI gratis, mengucapkan terima kasih kepada petugas.

"Kami senang sekali, mas, ada saja rezeki. Tadi pak polisi memberikan saya brosur imbauan tentang tata tertib berlalu lintas dan ajakan untuk tidak golput. Tanpa disadari, kami diberikan helm gratis. Selain mengingatkan kami tentang tertib berlalu lintas, kami juga diminta untuk selalu aktif menjaga keamanan di lingkungan masing-masing. Harapannya, program seperti ini terus berkesinambungan. Sekali lagi, terima kasih pak polisi, tetap semangat dalam bertugas," ujar Putra, warga Rumbai.

Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Riau AKBP Dasril menyampaikan harapannya agar masyarakat selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara dan mematuhi tata tertib berlalu lintas. Kegiatan yang berlangsung pada pukul 10.00 WIB tersebut berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.