Tren Makan Ramen Kuah Bening di Jepang dengan Cita Rasa Umami

Jepang - Setiap waktu, tren kuliner selalu berubah-ubah. Mulai dari menu hingga cara menikmatinya. Tak sedikit orang yang mencoba melakukan sejumlah tren.

Baru-baru ini, tren kuliner muncul adalah ramen kuah bening di Jepang. Tak seperti pada umumnya yang warna merah kecoklatan, ramen Clear Tonkotsu memiliki keunikan yang memiliki kuah bening.

Dilansir dari laman Sora News 24, restoran ramen di Prefektur Fukuoka tiba-tiba ramai pembeli yang notabene pecinta ramen, "Ramen Runway".

Ramen Tonkotsu biasanya memiliki kaldu yang sangat kental dan warnanya keruh, sehingga terasa gurih pekat. Tapi agak lain dengan ramen satu ini yang disajikan dengan sup kuah bening.

Harga ramen tonkotsu terbilang terjangkau yakni 800 yen atau Rp83 ribu. Kuahnya yang bening membuat mi dan topping daging babi terlihat jelas pada bagian atas.

Pihak restoran memperhatikan kaldu dengan cermat, menyempurnakannya sehingga mempertahankan rasa umami yang kuat tanpa adanya aroma tulang babi yang khas.

Alih-alih menghancurkan tulang dan memasaknya dengan suhu tinggi, mereka justru menjaga tulangnya agar tak hancur. Chef di sana memasaknya secara perlahan pada suhu rendah untuk mendapatkan rasa yang lebih baik. Kotoran dan buih-buih lemak pun dibuang dengan hati-hati.

Restoran ini juga merekomendasikan empat langkah untuk menikmati ramen kuah bening. Pertama, Anda dapat mencicipi kuah kaldu. Kedua, tambahkan daun bawang untuk memperkaya rasa. Ketiga, Anda memeras sepotong jeruk kabosu ke dalamnya untuk menyempurnakan aromanya. Langkah terakhir adalah menyeruput sisa kaldu dari mangkuknya.

Menurut reporter Sora News 24, ia mencoba mencicipi ramen tonkotsu. Pertama-tama, ia mencoba kuah kaldunya. Begitu dia mencicipi supnya, dia benar-benar terkejut. Seolah-olah restoran telah menemukan cara untuk menambahkan rasa tulang babi tingkat yang sangat terkonsentrasi tanpa memasukkan aroma tidak menyenangkan.

Kuah kaldunya sangat jernih, dan mi-nya cukup lembut serta kenyal, menampilkan jumlah gigitan yang sempurna. Daun bawang menambah rasa ekstra pada hidangan, sementara perasan jeruk seolah-olah dengan baik untuk meningkatkan kaldu dan memberikan rasa yang menyegarkan.

Kaldunya sangat ringan sehingga dengan mudah untuk menyeruput kuah. Jika Anda menginginkan lebih banyak lagi, Anda dapat meminta "Sup Oi" dengan tambahan 200 yen atau Rp20 ribu.

Reporter tersebut telah mencoba banyak mie tonkotsu dalam hidupnya, tetapi yang ini tidak seperti pernah dia cicipi sebelumnya. Ia merasa ramen tonkotsu yang halus dan mewah, dan dia mengatakan itu sangat enak sehingga memberikan restoran ramen berbintang 5.

Jika Anda tidak bisa sampai ke Fukuoka, restoran ini juga memiliki lokasi di Ginza, Tokyo dan Nishiumeda di Osaka, jadi pastikan untuk mampir dan mencoba ramen bening jika Anda bisa. Ini adalah pengalaman yang harus dicoba oleh semua pecinta ramen tonkotsu setidaknya sekali dalam hidup.