Pulang Kampung, Jokowi Sudah Kirim 70 Persen Barang Pribadinya ke Solo

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan sekitar 70 persen koleksi barang pribadinya di Istana Kepresidenan Jakarta telah dikirim untuk dibawa pulang ke Solo, Jawa Tengah, menjelang purnatugas pada 20 Oktober 2024.

"Sudah 70 persen barang-barang dibawa dengan boks ke Solo," ujarnya usai meresmikan Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dilansir ANTARA, Jumat, 11 Oktober.

Selain sejumlah barang koleksi pribadi, Jokowi juga akan membawa pulang 43 ekor kambing peliharaannya ke Solo. Koleksi kambing itu merupakan hasil ternak sejak 2016 yang semula hanya berjumlah lima ekor.

"Kambingnya belum, nanti segera juga. Kambingnya lima, sekarang jadi 43," katanya menjawab pertanyaan seputar pengemasan barang pribadi di Jakarta yang akan dibawa ke Solo.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan sejumlah koleksi barang pribadi Jokowi yang dibawa dari Jakarta, di antaranya berupa pakaian batik, koleksi foto, dan koleksi buku.

"Sudah mulai packing. Pening kepala katanya," ujar Pratikno Selasa (8/10).

Presiden Jokowi yang dilantik pada 20 Oktober 2014, telah memimpin Indonesia selama dua periode. Ia kembali terpilih pada Pemilihan Umum 2019 dan akan purnatugas pada 20 Oktober 2024.