Di Media Sosial Beredar Jokowi Mudik, Mari Kita Cek Kebenarannya
Presiden Joko Widodo (Foto: Twitter @jokowi)

Bagikan:

JAKARTA - Di media sosial beredar video rombongan Presiden Joko Widodo yang diberikan narasi dia sedang pulang kampung alias mudik di saat pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan mudik pada 6-18 Mei 2021 untuk mencegah peningkatan kasus COVID-19.

Salah satu akun Twitter yang mengunggah informasi ini adalah @FKadrun yang menunggahnya pada, Sabtu, 8 Mei.

Dalam rekaman video 41 detik itu tampak aparat yang mengawal mobil, yang disebut perekam video  sebagai RI-1, merujuk ke Presiden Joko Widodo. 

"Ini Letter B. Kalau ini pulang atau mudik ni? kek begini ni, wey, pulang apa mudik itu? Tuh Letter B semua," ucap si perekam video.

"Udah buka wilayah, pulang kampung, RI-1 pulang kampung tuh, RI-1 pulang kampung, woi," ucap si perekam video.

Berdasarkan penelusuran, video itu merupakan kunjungan presiden Jokowi ke Jawa Timur pada Kamis, 6 Mei. Di Jawa Timur, Jokowi meninjau Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI) Brondong yang terletak di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Lalu, Jokowi berangkat ke sarana dan prasarana fasilitas perikanan tersebut serta berdialog dengan perwakilan nelayan setempat.

Terakhir, Jokowi menuju Kota Surabaya untuk mengunjungi fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Kota Surabaya. Fasilitas yang akan menjadi percontohan bagi pengembangan pengelolaan sampah menjadi energi listrik di daerah-daerah lainnya tersebut diresmikan Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman memastikan, Presiden Jokowi tidak akan mudik ke Solo.

"Presiden juga telah menyampaikan Lebaran tidak mudik. Mas Gibran (putra Jokowi) juga sudah mengatakan, 'Bapak saya Presiden Joko Widodo beliau tidak akan pulang ke Solo," kata Fadjroel pada 27 April.