Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan rencananya seusai tak lagi menjadi presiden. Jokowi mengaku akan pulang kampung ke Solo menjadi rakyat biasa.

“Ya jadi rakyat biasa. Kembali ke Solo jadi rakyat biasa,” kata Jokowi saat meninjau pasar tradisional Purworejo, Jawa Tengah, Selasa 2 Januari.

Jokowi juga menampik isu dirinya didorong menjadi Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) setelah lengser dari jabatannya.

“Kembali ke Solo, jadi rakyat biasa, sudah,” tegas Jokowi.

Diketahui Jokowi akan lengser dari jabatannya sebagai presiden pada Oktober 2024. Dalam beberapa kesempatan, Jokowi memastikan dirinya akan pensiun dan kembali ke kampung halamannya di Solo.

Hal tersebut pertama kali diungkapkan Jokowi dalam wawancara eksklusif dengan media ternama di Inggris The Economist. Dalam hal ini, Jokowi menanggapi pertanyaan mengenai rencananya apabila sudah tidak menjadi presiden.

"Saya akan kembali ke kota saya Solo sebagai rakyat biasa. Saya akan aktif di bidang lingkungan hidup," kata Jokowi seperti di kanal YouTube The Economist, November lalu.

Kemudian, Jokowi juga berharap kepemimpinannya dapat memberikan perubahan pola pikir, cara kerja baru. Sehingga nantinya Indonesia akan melompat untuk menjadi negara maju.

"Karena dengan perubahan mindset, dengan perubahan cara kerja baru saya meyakini dengan kekuatan SDM, kekuatan pasar yang besar kita akan bisa melompat ke negara maju," ucapnya.

Dalam kesempatan lain, Jokowi juga menanggapi isu dirinya akan maju sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) menggantikan Megawati Soekarnoputri yang telah menjabat selama 24 tahun.

“Waduh, saya mau pensiun pulang ke Solo,” katanya usai menghadiri perayaan HUT ke-78 TNI di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, beberapa waktu lalu.