HMID Konfirmasi Mekanik di Seluruh Jaringan Dealer Hyundai di Indonesia Dapat Mengganti Modul Baterai

JAKARTA - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengonfirmasi bahwa mekanik di seluruh jaringan dealer resmi Hyundai dapat melakukan pergantian modul baterai untuk EV.

Technical Expert PT HMID Sugiartono, mengatakan bahwa modul baterai EV yang ada pada Kona Electric bisa diganti di seluruh layanan dealer Hyundai. Namun untuk pergantian cell tidak bisa dilakukan.

“Biasanya per modul mengandung beberapa cell di dalamnya. Untuk cell hanya bisa dilakukan di manufaktur. Tapi kalau pergantian modul, seluruh dealer bisa melakukan pergantian mana yang lemah dan terdampak,” kata Sugiartono saat ditemui di Semarang, Selasa, 8 Oktober lalu.

Head of Public Relations PT HMID Uria Simanjuntak, juga menambahkan bahwa pelanggan tidak perlu khawatir untuk mengganti baterai secara utuh bila battery health berkurang dari seharusnya.

“Akan dicek modul per modul. Jadi tidak perlu mengganti secara sekaligus utuh,” tambah Uria.

Sementara itu, Professional of Cel Technology Assembly PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Muhammad Afif, menjelaskan bahwa penggantian cell baterai hanya bisa dilakukan di lokasi perakitan karena perangkat ini dibangun menggunakan alat di laboratorium yang dirancang secara khusus.

“Untuk pergantian cell itu tidak mungkin, karena baterai dari HLI masuk ke modul baru masuk ke battery pack,” tambah Afif.

Kemudian, PT HMID juga memastikan bahwa garansi baterai pada mobil listrik seperti Kona Electric akan tetap berlaku walaupun suatu saat nanti kendaraannya akan berpindah tangan pemilik.

“Garansi baterai selama 8 tahun atau 180rb km tidak akan hangus ketika berpindah tangan, karena garansi mengikat ke unit mobil, bukan pemiliknya,” pungkas Uria setelahnya.