Chery Mulai Ekspor Mobil Rakitan Indonesia pada November, Vietnam dan Filipina Jadi Tujuan

JAKARTA - Chery di Indonesia sudah merakit lokal berbagai model mobilnya di fasilitas perakitan PT Handal Indonesia Motor (HIM) di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, yang dimulai sejak Maret 2023 lalu.

Perakitan di Indonesia sendiri ternyata tak hanya diperuntukan untuk setir kanan, melainkan juga setir kiri. Chery berencana untuk melakukan ekspor ke berbagai negara mulai kuartal keempat.

"Chery bukan hanya membuat mobil setir kanan, tapi juga setir kiri di Indonesia dan awal November akan ekspor ke Vietnam," kata Assistant President Director PT CSI Zeng Shuo, saat peluncuran harga Tiggo 8 di kawasan Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tak hanya Vietnam, Zeng Shuo juga mengungkapkan negara lain yang akan menjadi tujuan ekspor dari Indonesia, salah satunya ada Filipina.

"Dengan Partner factory Handal dari awal November akan ekspor ke Vietnam dan juga ada rencana ke Filipina," tambahnya.

Namun demikian ia tak menjabarkan lebih detail terkait model apa yang akan diekspor ke berbagai negara, besar kemungkinan model Omoda 5 menjadi kandidat utama.

Seperti diberitakan VOI sebelumnya, Head of Marketing PT CSI Mohamad Ilham Pratama sempat berujar bahwa Omoda 5 akan menjadi model yang akan diekspor.

"Rencananya akan mulai diekspor Omoda 5 pada kuartal keempat tahun ini," ungkap Ilham, September lalu.

Ilham mengatakan di Vietnam sendiri memang belum ada perakitan untuk model Omoda 5, dan market di negara tersebut juga tergolong cukup baik.

"Jadi nanti dari China itu rakit di sini (Indonesia) lalu dikirim ke Vietnam. Melihat dari segi marketnya juga cukup baik di Vietnam," tutup Ilham.