Aplikasi Cuaca BBC Salah Tampilkan Kecepatan Angin 18.995 mph di Inggris

JAKARTA – Pada Kamis pagi, 10 Oktober warga Inggris dikejutkan oleh ramalan cuaca yang tak biasa dari aplikasi Cuaca BBC. Aplikasi itu menunjukkan kecepatan angin 150 kali lebih kuat dari Badai Milton akibat kesalahan data.

Aplikasi yang banyak digunakan itu memperkirakan kecepatan angin mencapai 18.995 mph di beberapa wilayah Inggris, termasuk London dan Edinburgh. Kesalahan ini memicu kebingungan di media sosial, dengan banyak pengguna bertanya-tanya tentang ramalan yang tampaknya tidak masuk akal.

Seorang pengguna X, dengan nama Larky McRory, mengunggah tangkapan layar dari aplikasi tersebut yang menunjukkan kecepatan angin 18.995 mph dan menulis, "Pulanglah aplikasi cuaca BBC, Anda mabuk. Kecepatan anginnya sekitar 37 mph."

Sementara itu, Badai Milton yang menghantam Florida, Amerika Serikat, tercatat sebagai badai Kategori 3 dengan kecepatan angin maksimum 120 mph (195 kph), jauh di bawah angka yang ditampilkan oleh aplikasi BBC.

BBC Weather segera merespons dengan memastikan kepada publik bahwa tidak ada angin badai yang akan melanda Inggris hari itu, dan angin yang terjadi hanyalah hembusan biasa khas musim gugur.

"Jangan khawatir, tidak ada badai yang akan datang ke Skotlandia hari ini, dan Edinburgh tidak akan melihat hembusan angin sebesar 17.246 mph! Ada kesalahan besar dalam data yang dimasukkan ke aplikasi," tulis BBC Scotland Weather di X.

Aplikasi Cuaca BBC juga menampilkan pengumuman banner yang mengatakan, "Kami sedang mengalami masalah dengan data prakiraan. Kami sedang berupaya memperbaikinya." Beberapa laporan suhu juga diketahui salah dan BBC Weather telah meminta maaf atas kesalahan tersebut.

Kejadian ini mengingatkan sebagian pengguna media sosial akan momen pada tahun 1987 ketika presenter cuaca terkenal di Inggris, Michael Fish, meyakinkan penonton bahwa laporan tentang badai yang akan datang tidak akurat, hanya beberapa jam sebelum badai besar melanda negara tersebut.