15 Negara Termurah yang Bisa Dikunjungi untuk Liburan Tahun 2025

JAKARTA - Banyak orang yang mulai merencanakan untuk liburan tahun 2025. Mau liburan tapi budget terbatas? nggak masalah karena Anda bisa mencoba destinasi liburan murah yang kaya akan keindahan alam, budaya, dan sejarah menakjubkan.

Anda tetap bisa menikmati liburan dengan pengeluaran yang minim. Deretan negara dengan biaya hidup termurah ini mungkin akan cocok untuk Anda.

Dilansir dari laman Time Out, studi yang dilakukan HelloSafe untuk menentukan negara yang memiliki anggaran rata-rata terendah untuk satu orang. Studi tersebut merangkum 15 destinasi yang sangat terjangkau biayanya untuk para wisatawan.

Puncak daftar negara termurah yang bisa dikunjungi untuk liburan adalah Laos. Negara yang diapit oleh Thailand dan Vietnam, dianggap sebagai negara indah yang berada di jalur backpacker di Asia Tenggara. 

Rata-rata pengeluaran harian untuk satu wisatawan di Laos hanya 12 euro atau Rp205 ribu per hari. Di posisi kedua, ada Kazakhstan, dengan pengeluaran rata-rata per hari sebesar 14 euro atau Rp239 ribu.

Selanjutnya, Rwanda menempati posisi ketiga dengan pengeluaran rata-rata sebesar 19,22 euro atau Rp325 ribu. Cukup murah, bukan?

Dalam 15 daftar negara ini, pengeluaran rata-ratanya tidak ada yang lebih dari 30 euro atau Rp513 ribu rupiah. Sebagian besar negara tersebut tersebar di Afrika dan Asia. Berikut 15 negara termurah yang bisa dikunjungi untuk destinasi wisata pada tahun 2025.

1. Laos

2. Kazakstan

3. Rwanda

4. Ghana

5. Mongolia

6. Armenia

7. Burkina Faso

8. Georgia

9. Mali

10. Burma

11. Haiti

12. Malawi

13. India

14. Nepal

15. Serbia