Gerindra Sebut Kabinet Prabowo-Gibran Ada Menteri Era Jokowi dan Kader PDIP

JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani membeberkan komposisi kabinet presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Muzani mengaku, ada beberapa menteri era Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan masuk kembali pada kabinet Prabowo, termasuk menteri dari kader PDIP.

"Setahu saya ada (menteri dari pemerintahan Jokowi). Insyaallah ada (dari PDIP)," kata Muzani yang juga ketua MPR di gedung MPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu kemarin.

Namun, Muzani tidak menjelaskan secara detail menteri kabinet Prabowo-Gibran tersebut. Hanya saja, kata dia, menteri era Jokowi yang bagus, akan diajak lagi masuk kabinet Prabowo-Gibran.

"Kan Pak Prabowo sudah ngomong nama-nama dari kabinet Pak Jokowi yang bagus-bagus akan dipakai untuk membantu beliau. Jadi ya nama yang dianggap bagus dan masih cukup fit dipakai," tandas Muzani.

Lebih lanjut, Muzani mengatakan jumlah pasti kementerian masih dalam proses finalisasi, termasuk nomenklaturnya. "Orang dan nomenklatur sudah mulai disusun dan bahkan sudah mulai ada yang dipanggil," ungkap Muzani.

Menurut dia, kemungkinan menteri-menteri itu akan diumumkan Prabowo sehari setelah pelantikan atau pada 21 Oktober 2024. "Tunggu lah, pokoknya, 20 (Oktober) dilantik, mungkin 21 akan diumumkan," pungkas Muzani.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan, penyusunan kabinet untuk pemerintahan mendatang hampir rampung. Nantinya, komposisi terperinci akan diumumkan langsung oleh Prabowo Subianto. "Sudah hampir 100% (penyusunan kabinet). Nanti ya, diumumkan pak presiden," kata Gibran di Jakarta Selatan, Rabu kemarin.

Gibran memastikan dirinya ikut terlibat dalam penyusunan kabinet tersebut. "Oh ya pasti (ikut terlibat)," tandas Gibran.