World Mental Health Day 2024 Prioritaskan Kesehatan Mental di Dunia Kerja

JAKARTA - Setiap tanggal 10 Oktober diperingati World Mental Health Day atau Hari Kesehatan Mental Sedunia. Hari ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat seluruh dunia akan pentingnya kesehatan mental.

Mengutip laman World Mental Health Day (WMHD), Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati dengan tema-tema berbeda setiap tahunnya. Di tahun 2024 ini, WMHD mengusung tema “It is Time to Prioritise Mental Health in the Workplace” atau “Saatnya Memprioritaskan Kesehatan Mental di Tempat Kerja".

Tema tersebut diusung untuk semakin memerhatikan kesehatan mental di lingkungan profesional kerja. Hal tersebut juga sejalan dengan prinsip pendirian WFMH yang didirikan pada tahun 1948.

Kampanye ini melibatkan audiens global, termasuk karyawan, pengusaha, organisasi, dan pemangku kepentingan di dunia kerja lainnya untuk mempromosikan kesejahteraan mental di tempat kerja.

Diharapkan para pekerja menjaga kesehatan mental masing-masing selama bekerja. Ini juga diharapkan dapat mengadvokasi tempat kerja di mana kesehatan mental diprioritaskan, dilindungi, dan dipromosikan.

Melalui berbagai acara global dan inisiatif digital, kampanye ini akan menampilkan beragam ekspresi kreatif dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental dalam dunia profesional. Pihak World Mental Health Day juga mengajak masyarakat dunia untuk mendukung dan memelihara kesejahteraan mental semua karyawan.

Sementara itu, Hari Kesehatan Mental Sedunia didirikan pada 10 Oktober 1992 oleh World Federation Mental Health (WFMH) atau Federasi Kesehatan Mental Dunia. Saat itu, WFMH menyadari bahwa mereka perlu bertindak dalam skala global akan krisis kesehatan mental di dunia yang tidak ditangani dengan baik.