Cuaca Hari Ini: Kota-kota Besar di Tanah Air Diguyur Hujan Ringan hingga Deras

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca secara umum di wilayah Indonesia hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada Kamis 10 Oktober.

"Di wilayah Jawa, untuk Jakarta, Semarang, dan Surabaya berawan tebal. Bandung dan Serang hujan intensitas ringan, dan Yogyakarta cerah berawan," kata Prakirawan BMKG Eriska Febriati dalam siaran prakiraan cuaca di Jakarta.

Adapun di wilayah Sumatera, hujan ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Tanjung Pinang, Jambi, Bengkulu, dan Pangkal Pinang.

Sementara di Palembang dan Lampung berpotensi berawan tebal.

"Di wilayah Denpasar, Mataram, dan Kupang diprakirakan berawan tebal," kata dia.

Selanjutnya, kata dia, di wilayah Kalimantan hujan dengan intensitas lebat disertai petir berpotensi terjadi di Palangkaraya dan Banjarmasin. Sementara Samarinda, Tanjung Selor, dan Pontianak hujan dengan intensitas ringan.

Berpindah ke wilayah Sulawesi, lanjutnya, wilayah Mamuju berpotensi hujan lebat disertai petir. Adapun Gorontalo, Palu, Kendari, dan Makassar diprediksi hujan ringan. Sementara Manado berawan.

Di wilayah Indonesia Timur, kata dia, Sorong, Nabire, Manokwari, Jayapura, Jayawijaya, dan Ternate, pada umumnya hujan ringan hingga sedang. Sementara Ambon berpotensi berawan tebal.

"Bagi yang ingin mengetahui cuaca secara khusus yang diperbaharui setiap tiga jam dapat memantau di aplikasi BMKG," kata dia.