Inggris vs Yunani: Perebutan Puncak Klasemen

JAKARTA - Inggris dan Yunani bersaing memperebutkan posisi puncak klasemen Grup 2 League B dalam laga di Stadion Wembley, Jumat, 11 Oktober 2024 dini hari WIB. Inggris agak bermasalah karena pemain di semua lini, kecuali kiper, mengalami cedera.

Perombakan skuad bakal dilakukan manajer sementara Lee Carsley. Bahkan kapten Harry Kane kemungkinan duduk di bangku cadangan setelah mengalami cedera saat memperkuat Bayern Munchen melawan Eintracht Frankfurt yang berakhir 3-3 di Bundesliga Jerman.

Meski dinyatakan tidak ada cedera pada Kane, namun Carsley tetap mempertimbangkan top skor dalam sejarah tim nasional Inggris untuk menjadikannya sebagai starter. Carsley menyiapkan Ollie Watkins atau Dominic Solanke yang untuk kali pertama dipanggil setelah tujuh tahun absen membela The Three Lions.

Carsley tampaknya menjadikan Inggris untuk bermain ofensif di laga melawan Yunani. Tampil di kandang sendiri akan dimaksimalkan sang manajer sementara untuk mendulang tiga poin sekaligus merebut posisi puncak.

Watkins, bila penyerang Aston Vila ini menjadi pilihan pertama, ditopang pemain yang punya karakter menyerang, Bukayo Saka, Cole Palmer dan Jack Grealish yang didepak manajer sebelumnya, Gareth Southgate, dari skuad Euro 2024.

Tak hanya itu, gelandang pivotal pun ditempat Jude Bellingham yang aktif melapis serangan seperti dilakukannya di Real Madrid. Dia bahu-membahu dengan Declan Rice yang bakal menjadi pertahanan pertama Inggris sebelum bola memasuki garis belakang. Di sektor itu, Carsley kehilangan gelandang Manchester United Kobbie Mainoo yang masih bergulat dengan cederanya.

Di lini belakang, Carsley direpotkan dengan ketidakhadiran bek Villa Ezri Konsa yang mengalami cedera saat melawan MU. Semula Konsa hendak diduetkan dengan John Stones karena Harry Maguire kembali dicoret karena juga didera cedera.

Tak ada pilihan bagi Carsley kecuai menurunkan Marc Guehi bersama Stones. Sedangkan Trent Alexander-Arnold kembali ke posisi bek kanan.

Sementara, Yunani bakal bekerja ekstrakeras menghentikan gelombang serangan Inggris. Kiper Newcastle United Odysseas Vlachodimos menjadi tumpuan Yunani untuk menghadang pemain depan lawan.

Vlachodimos bajak dibentengi bek Liverpool Kostas Tsimikas yang bahu-membahu dengan Dinos Mavropanos yang bermain di West Ham United.

Di laga itu, pelatih Yunani Ivan Jovanovic kehilangan striker Fotis Ioannidis yang absen karena mengalami cedera. Dengan absennya penyerang Panathinaikos ini, maka striker Vangelis Pavlidis yang menjadi tumpuan The Pirate Ship.

Pavlidis pantas diwaspadai karena dirinya menunjukkan ketajamannya saat bermain di Eredivisie Belanda. Membela AZ Alkmaar selama tiga musim, dirinya sukses mengemas 80 gol sebelum pindah ke Benfica

Jovanovic membawa Yunani melakukan start mengesankan dengan mengalahkan Finladia 3-0 dan kemudian menghajar Irlandia 2-0. Sukses itu menjadikan juara Euro 2004 ini menduduki peringkat pertama klasemen Grup 2. Mereka unggul selisih gol dengan Inggris yang memiliki poin sama.

Prakiraan Pemain

Inggris (4-2-3-1): Pickford; Alexander-Arnold, Guehi, Colwill, Lewis; Rice, Bellingham; Saka, Palmer, Grealish; Watkins

Yunani (4-2-3-1): Vlachodimos; Rota, Mavropanos, Koulierakis, Tsimikas; Siopis, Kourbelis; Masouras, Bakasetas, Tzolis; Pavlidis