6 Presiden yang Tidak Memiliki Ibu Negara

YOGYAKARTA - Prabowo Subianto dijadwalkan segera dilantik sebagai Presiden ke-8 Indonesia menggantikan Joko Widodo (Jokowi) pada 20 Oktober 2024. Prosesi pelantikan ini akan diadakan di gedung DPR/MPR di Senayan. Prabowo menjadi satu-satunya presiden RI yang tidak mempunyai pasangan atau pendamping sebagai ibu negara. 

Jika nanti Prabowo resmi menjabat sebagai Presiden RI, banyak pihak yang masih bertanya-tanya tentang siapa yang akan menjadi ibu negara. Saat ini, Prabowo berstatus sebagai duda. Ia pernah menikah dengan Siti Hediati Hariyadi atau lebih dikenal dengan Titiek Soeharto, putri Presiden ke-2 Indonesia, Suharto. 

Banyak spekulasi beredar bahwa Prabowo mungkin akan kembali menikah dengan Titiek. Jika itu terjadi, maka Titiek kemungkinan besar akan menjadi ibu negara baru. Kasus presiden yang tidak berstatus menikah pernah terjadi di beberapa negara. Beberapa di antaranya tetap memiliki ibu negara meskipun tidak menikah, sementara yang lain tidak memiliki ibu negara. 

Daftar Presiden yang Tidak Memiliki Ibu Negara

Berikut adalah daftar presiden yang tidak menikah tetapi ada yang memiliki ibu negara dan ada juga yang tidak.

James Buchanan

James Buchanan menjabat sebagai Presiden ke-15 Amerika Serikat (1857-1861). Ia adalah satu-satunya Presiden AS yang tidak pernah menikah sepanjang hidupnya. Buchanan lahir pada tahun 1791 di Pennsylvania dalam keluarga yang cukup berada. 

Ia menempuh pendidikan di Dickinson College, di mana ia dikenal sebagai seorang debater berbakat dan kemudian melanjutkan studi hukum. Berasal dari Partai Demokrat, Buchanan dikenal sebagai sosok yang kontroversial karena pandangannya yang mendukung gerakan pro-perbudakan, yang akhirnya memicu terjadinya Perang Saudara di Amerika. 

Karena tidak memiliki pasangan, James Buchanan kemudian memilih sepupu perempuannya yang yatim piatu, Harriet Lane, untuk menjabat sebagai ibu negara atau first lady.

Evo Morales

Evo Morales menjabat sebagai Presiden Bolivia dari tahun 2006 hingga 2019. Lahir pada 26 Oktober 1959 di Isallavi, Bolivia, Morales dikenal sebagai pemimpin buruh di negaranya. Sebagai anggota suku Aymara, ia menjadi presiden pertama Bolivia yang berasal dari keturunan pribumi. 

Meskipun tidak menikah, Morales memilih kakak perempuannya, Esther Morales, sebagai ibu negara. Evo menunjuk Esther dalam peran tersebut karena dialah yang merawatnya setelah ibu mereka meninggal dunia.

Benigno Aquino 3

Benigno Aquino III adalah satu-satunya putra dari mantan Presiden Filipina, Corazon Aquino, dan mantan Senator Filipina, Benigno Aquino, Jr. Ia menjabat sebagai Presiden Filipina dari tahun 2010 hingga 2016. 

Aquino tidak pernah menikah dan tidak memiliki anak. Selama masa kepresidenannya, Benigno Aquino III tidak pernah menunjuk siapa pun untuk mengisi peran ibu negara, sehingga posisi tersebut tetap kosong.

Thomas Jefferson

Thomas Jefferson menjabat sebagai Presiden ke-3 Amerika Serikat. Saat menduduki posisi tertinggi di Negeri Paman Sam, Jefferson berstatus sebagai duda. Istrinya, Martha, meninggal dunia pada usia 33 tahun akibat komplikasi persalinan. 

Kehilangan ini membuat Jefferson sangat terpukul dan ia memutuskan untuk tidak menikah lagi. Pada masa itu, karena Amerika Serikat masih merupakan negara yang relatif baru, keberadaan ibu negara yang mendampingi Jefferson tidak dianggap sebagai isu yang penting.

Martin Van Buren

Martin Van Buren menjabat sebagai Presiden ke-8 Amerika Serikat dari tahun 1837 hingga 1841. Ia adalah presiden AS pertama yang bukan berdarah Inggris, karena nenek moyangnya berasal dari Belanda. Selama lebih dari setahun, Van Buren tidak memiliki ibu negara karena istrinya, Hannah Hoes Van Buren, telah meninggal sebelum ia menjadi presiden. 

Hannah meninggal di Kinderhook pada 5 Februari 1819 akibat TBC. Peran ibu negara kemudian diambil alih oleh menantunya, Angelica Van Buren, yang menikah dengan putra Martin Van Buren, Abraham Van Buren II. Angelica juga merupakan sepupu Dolley Madison, ibu negara dari Presiden James Madison. 

Sebagai ibu negara, Angelica mengadopsi beberapa tata krama dan tradisi kerajaan setelah mengunjungi Inggris dan bertemu dengan Ratu Victoria serta Louis Philippe. Ia memimpin resepsi tahunan pada Hari Tahun Baru dan berbagai acara sosial lainnya di Istana Eksekutif selama masa kepresidenan ayah mertuanya.

Chester Arthur

Chester Arthur menjabat sebagai Presiden ke-21 Amerika Serikat. Ia menikah dengan Ellen Herndon pada tahun 1859 dan dikaruniai tiga anak. Istrinya meninggal dunia pada 12 Januari 1880 di usia 42 tahun akibat pneumonia, dan sejak saat itu Arthur memilih untuk tidak menikah lagi. 

Ketika dilantik sebagai Presiden AS pada 20 September 1881, Arthur berstatus sebagai duda dan menjalani masa kepresidenannya tanpa didampingi oleh seorang ibu negara hingga akhir jabatannya pada tahun 1885.

Demikianlah sejumlah presiden yang tidak memiliki ibu negara. Beberapa pemimpin di sejumlah negara di atas tercatat dalam sejarah sebagai presiden yang tidak memiliki ibu negara. Namun beberapa tetap memiliki ibu negara walaupun tidak menikah. Baca juga fakta kenapa Presiden RI selalu suku Jawa.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.