Tiga Fitur Tersembunyi yang Ada di Kalkulator Mac

JAKARTA – Tidak seperti iPad, Apple telah meluncurkan aplikasi Kalkulator bawaan sejak lama di Mac. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengerjakan operasi aritmatika dasar seperti pejumlahan, pengurangan, dan perkalian. 

Namun, masih banyak yang belum tahu bahwa aplikasi ini memiliki banyak fitur tersembunyi. Kalkulator untuk Mac memiliki tiga model penghitungan yang berbeda, kemampuan untuk melihat riwayat, dan lainnya. Berikut ini fitur tersembunyi di kalkulator Mac, dilansir dari Makeuseof

Model Kalkulator yang Berbeda

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kalkulator bawaan di Mac memiliki tiga model yang bisa diakses. Ada kalkulator dasar untuk menghitung aritmatika sederhana, kalkulator ilmiah untuk menghitung operasi yang lebih rumit, dan kalkulator programmer.

Di mode ilmiah, kalkulator ini memahami materi eksponen, trigonometri, dan masih banyak lagi. Sementara itu, mode programmer bisa dipakai untuk menghitung berbagai sistem angka, seperti biner, oktal, dan lainnya.

Riwayat Perhitungan

Setelah selesai menghitung operasi aritmatika dan keluar dari aplikasi, Anda mungkin berpikir bahwa hasil penghitungannya akan menghilang. Faktanya, seluruh riwayat penghitungan Anda akan tersimpan selama beberapa waktu di dalam aplikasi.

Untuk melihat riwayatnya, buka aplikasi Kalkulator dan ketuk menu Lihat di bagian bilah atas. Setelah itu, ketuk Tampilkan Riwayat. Untuk cara yang lebih cepat, Anda bisa langsung menekan pintasan Command + Control + S di keyboard.

Konversi Satuan

Kalkulator di Mac kini menduga konversi satuan dan mata uang. Untuk mengakses penghitungan ini, Anda bisa membuka model dasar atau model ilmiah. Setelah itu, ketuk menu Konteks dan pilih opsi Konversi.

Untuk cara yang lebih cepat, Anda bisa menekan pintasan Command + Option + C di keyboard. Setelah itu, klik tanda panah kecil di bagian bawah angka untuk mengatur unit atau jenis mata uangnya.