Google Akan Hadirkan Aplikasi Perekam di Semua Chromebook

JAKARTA – Belum lama ini, Google mengungkapkan bahwa mereka akan merilis aplikasi perekam audio di Chromebook Plus. Meski didukung oleh Kecerdasan Buatan (AI), Google berencana memperluas aplikasi ini. 

Dilansir dari 9to5google, seluruh model Chromebook akan mendapatkan aplikasi ini melalui pembaruan ChromeOS 130. Fitur yang tersedia tidak akan sama, tetapi seluruh model Chromebook akan mendapatkan kemampuan untuk merekam dan mentranskripsi audio.

Aplikasi Perekam ini juga menyediakan fitur speech-to-text secara offline. Artinya, pengguna Chromebook bisa melakukan transkripsi meskipun tidak ada jaringan internet yang tersedia. Selain itu, ada juga fitur untuk mengekspor audio dan teks ke aplikasi lainnya.

Berbeda dengan Chromebook Plus, aplikasi ini akan menghadirkan fitur yang lebih lengkap karena perangkatnya didukung langsung oleh AI. Di perangkat ini, pengguna bisa mendapatkan ringkasan berbasis AI berdasarkan hasil transkripsi audio.

Tak hanya ringkasan transkripsi, pengguna Chromebook Plus juga dipermudah dengan adanya saran judul dari AI. Pemberian saran ini sangat berguna bagi mereka yang menggunakan aplikasi Perekam untuk membuat artikel, laporan, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga bisa mengidentifikasi pembicara secara real-time. Saat mengaktfikan fitur transkripsi, pengguna akan melihat tulisan 'Pembicara 1' atau 'Pembicara 2' di atas kalimat yang mereka ucapkan. Kemampuan ini akan memudahkan pengguna saat ingin mengutip kalimat.

Seluruh fitur ini akan langsung tersedia setelah ChromeOS 130 dirilis. Belum diketahui dengan pasti tanggal berapa sistem operasi (OS) ini akan diluncurkan. Menurut kabar yang beredar, OS ini akan dirilis pada akhir Oktober.