Suzuki dan Toyota Kembangkan Pasar Hybrid dan Mild-Hybrid di India, Apa Saja Model yang akan Diluncurkan?

JAKARTA - Toyota dan Suzuki diketahui menjalin kemitraan erat dalam mengembangkan sejumlah kendaraan untuk pasar India.

Kemitraan ini memungkinkan keduanya dapat berbagi sasis dan komponen yang sama demi menekan biaya riset dan pengembangan. Dikabarkan, dalam beberapa waktu ke depan, keduanya akan kembali menghadirkan beberapa model di masa depan.

Tidak hanya saling berbagi basis maupun teknologi, keduanya akan menghadirkan model hybrid di India. Kira-kira, apa saja model hybrid yang akan dihadirkan oleh masing-masing pabrikan?

Melansir dari Gaadiwaadi, Selasa, 8 Oktober, Suzuki akan melahirkan Grand Vitara 7-seater yang akan hadir pada paruh pertama tahun 2025. Ini berbarengan dengan Toyota yang luncurkan kembarannya, Urban Cruiser Hyryder versi terbaru.

Urban Cruiser Hyryder akan menampilkan pembaruan desain yang signifikan dengan versi tujuh tempat duduk sehingga menawarkan ruang kabin yang lega dan lebar. Selain itu, keduanya akan dibekali oleh sistem hybrid yang memiliki efisiensi bahan bakar lebih optimal.

Selain itu, Suzuki juga mau meluncurkan versi facelift dari Fronx yang juga dibenamkan sistem hybrid dengan menggabungkan mesin 1.2L Z-series. Powertrain tersebut sebelumnya debut pada Swift generasi terbaru.

Sistem hybrid ini diperkirakan juga akan hadir dalam generasi berikutnya dari Baleno yang diperkirakan dirilis pada 2026. Kemudian, salah satu MPV terbaru merek berlogo ‘S’ ini juga akan memiliki teknologi ini di masa mendatang.

Toyota juga berniat memperkuat pasar kendaraan mild-hybrid di India dengan segera memperkenalkan Fortuner dan Hilux berteknologi ini. Sebelumnya, mobil ini telah diluncurkan di pasar negara lain.

Di sejumlah pasar, Fortuner dan Hilux mild-hybrid dibekali dengan mesin 2,8 liter diesel yang digabungkan dengan teknologi baterai 48V sehingga meningkatkan efisiensi BBM tetapi tanpa mengorbankan performanya.