Profil Paskalis Bruno yang Bakal Diangkat Menjadi Kardinal Baru oleh Paus Fransiskus

YOGYAKARTA – Pemimpin Gereja Katolik dunia Paus Fransiskus pada Minggu, 6 Oktober 2024 menunjuk 21 kardinal baru dari berbagai dunia, salah satunya adalah Uskup Keuskupan Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM. Ia bakal diangkat menjadi kardinal baru Indonesia dalam konsistori yang digelar Desember mendatang. Seiring dengan penunjukan ini, profil Paskalis Bruno menyita perhatian publik.

Mgr. Bruno akan menjadi Kardinal keempat yang berasal dari Indonesia. Saat ini, Indonesia mempunyai dua orang kardinal dalam diri Uskup Agung Jakarta, Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo, dan Uskup Agung Emeritus Jakarta, Mgr. Julius Kardinal Darmaatmadja, SJ.

Adapun kardinal pertama Indonesia, yakni Mgr. Justinus Kardinal Damojuwono menjadi satu-satunya kardinal Indonesia yang sudah meninggal. Ia wafat pada tahun 1994.

Profil Paskalis Bruno

Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM yang saat ini bertugas sebagai pimpinan Keuskupan Bogor akan menjadi kardinal pertama Indonesia yang berasal dari luar Jawa.

Menyadur laman Mirifia, Paskalis lahir di Ranggu, Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada 17 Mei 1962.

Pada 22 Januari 1989, Paskalis melakukan profesi kekal, yakni sebuah profesi yang digunakan seumur hidup, tidak boleh diperbarui lagi, dan menjadikan seorang anggota tetap dalam tarekat.

Usai menjalani kaul kekal, Paskalis menerima sakramen tahbisan yang menjadi tanda komitmen untuk menjadi saksi dan pelayan sebuah Persekutuan di Paroki Santa Maria Ratu para Malaikat, Cipanas, Jawa Barat pada 2 Februari 1991.

Berikutnya, ia ditugaskan sebagai pastor pembantu di Paroki Moanemani, Keuskupan, Jayapura, Papua. Tugas ini diembannya hingga tahun 1993.

Setelah itu, Paskalis belajar spiritualitas Pransiskan di Universitas Kepausan Antonianum, Roma, Italia hingga tahun 1996.

Ordo Fratum Minorum (OFM) Provinsi Indonesia kemudian menunjuk Paskalis sebagai magister novis bagi para frater calon penugasan ordo ini di Novisiat OFM, Depok. Ia menjalankan tugas tersebut selama lima tahun, terhitung sejak 1996 hingga 2001.

Pada periode yang sama, OFM juga maminta Paskalis sebagai pastor di Paroki Santo Herkulanus, Depok, Jaya.

Selanjutnya, Paskalis diangkat sebagai imam pendaming frater-frater di komunitas OFM sekaligus menjadi anggota Dewan Provinsi OFM Indonesia.

Jabatan lain yang pernah diemban Paskalis yakni Dewan Penasihat Keuskupan Agung Jakarta ketika Mgr. Kardinal Julius Darmaatmadja, SJ bertugas sebagai Uskup Agung dan Mgrs Ignatius Suharyo sebagai Uskup Agung Koajutor.

Pada 2001, Paskalis Bruno ditunjuk sebagai Provinsial OFM lewat sidang provinsi OFM. Ia menjalani tugas tersebut hingga 2007.

Dua tahun setelahnya, Paaskalis diangkat menjadi Definitor General OFM wilayah Asia dan Osenia yang membawahi beberapa negara, seperti India, Pakistan, Indonesia, Australia, dan Selandia Baru serta bertugas di Generalat OFM di Roma, Italia.

Kemudian pada 21 November 2013, Paus menunjuk Paskalis sebagai Uskup Bogor. Penahbisannya sebagai uskup dilakukan pada 22 Februari 2024.

Setelah puluhan tahun berkarya di OFM, Paskalis Bruno Syukur ditunjuk sebagai kardinal baru Indonesia pada Minggu, 6 Oktober 2024. Ia akan diangkat menjadi kardinal dalam konsistori pada Minggu, 8 Desember 2024 yang bertepatan dengan Pesta Santa Perawan Maria dikandung Tak Bernoda di Vatikan.

Demikian informasi tentang profil Paskalis Bruno Syukur. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.