Google Docs Luncurkan Tab 'Dokumen' untuk Mempermudah Pencarian Konten

JAKARTA – Google Docs mendapatkan fitur baru untuk mempermudah pengelolaan dokumen, baik secara individu maupun kolaborasi. Fitur ini muncul dalam bentuk tab Dokumen pada Senin, 7 Oktober lalu.

Google mengatakan bahwa fitur ini dirilis untuk mengatur dokumen yang sangat panjang, seperti puluhan atau ratusan halaman. Tab baru ini akan membantu penggunanya dalam menyusun, membuat, dan mengubah konten di Docs dengan cepat. 

Tab Dokumen juga akan membantu pengguna dalam menelusuri dokumen secara cepat dan mudah sehingga mereka bisa fokus mengerjakan bagian penting lainnya. Maka dari itu, fitur baru ini dinilai dapat mendorong produktivitas, khususnya bagi para pekerja. 

"Tab di Docs dapat sangat berguna saat Anda perlu membagi dokumen yang panjang dan terstruktur menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan lebih mudah dipahami," kata Google melalui halaman pembaruan layanan Workspace. 

Fitur tab Dokumen akan mengarahkan pengguna ke bagian tertentu saat diketuk sesuai dengan halaman yang telah diatur. Misalnya, pengguna menandakan tab Ringkasan Proyek ke halaman pertama yang berisi tentang persiapan proyek.

Selain menambahkan tab, pengguna juga bisa menambahkan sub-tab ke bagian yang lebih rinci, seperti timeline proyek, laporan keuangan proyek, dan lain sebagainya. Di tab maupun sub-tab, pengguna bisa menggunakan berbagai emoji untuk merepresentasikan isi kontennya. 

Fitur ini sedang diluncurkan secara bertahap untuk pelanggan Workspace dan pengguna akun Google pribadi. Tab Dokumen sudah mulai diluncurkan pada 7 Oktober, tetapi untuk rilis cepat. Perusahaan itu baru meluncurkan rilis terjadwal pada 21 Oktober.