Inilah Tiga Fitur Penting yang Jadi Sorotan di Hyundai Kona Electric, Apa Saja?

JAKARTA - PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) telah resmi meluncurkan all-new Kona Electric dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 lalu dengan menawarkan sejumlah teknologi canggih.

Pabrikan menawarkan beberapa varian dari SUV ini, yang terdiri dari Style, Prime Standard Range, Prime Long Range, Signature Standard Range, dan Signature Long Range.

Tawarkan desain yang lebih futuristik dan eksentrik, mobil ini juga memiliki beberapa fitur yang menjadi sorotan dalam mengakomodir penggunanya.

Tim VOI hari ini mendapatkan kesempatan langsung untuk merasakan kebolehan dari mobil ini melalui pengujian dari Jakarta ke Semarang dan kami menilai ada beberapa fitur yang patut menjadi sorotan, apa saja itu?

Shortcut Physical Buttons

Berbeda dari sejumlah mobil masa kini, Hyundai menghadirkan Kona Electric generasi terbaru dengan tombol konvensional yang berguna dalam mengatur berbagai fungsi interior, seperti pengaturan AC, volume, dan masih banyak lagi.

Hal ini menjadi menarik karena sejumlah pabrikan otomotif terlalu tergantung pada pengaturan interior melalui layar konsol tengah LED yang canggih. Namun, pabrikan dari negeri ginseng tersebut memiliki alasan tersendiri.

Product Expert HMID Bonar Pakpahan, mengungkapkan pabrikan hadirkan tombol konvensional agar pengemudi dapat melakukan penyetelan lebih efisien sehingga mereka dapat berkonsentrasi untuk memperhatikan jalan.

“Kalau kita pikirkan kembali, mengemudi memerlukan konsentrasi lebih. Jadi, sebisa mungkin pandangan selalu melihat ke jalan,” kata Bonar dalam pemaparannya di Bekasi jelang Media Drive Hyundai Kona Electric ke Semarang, Senin,7 Oktober.

Selain lebih menghemat waktu, kehadiran tombol ini juga merupakan salah satu unsur keselamatan karena meminimalisir terjadinya kecelakaan.

“Jadi, kehadiran shortcut button ini merupakan salah satu aspek safety dalam berkendara dan meminimalkan distraksi saat mengemudi,” tambah Bonar.

Bluelink dan Over-The-Air

Hyundai menghadirkan fitur konektivitas Bluelink dalam rangka mempermudah penggunanya mengakses berbagai informasi terkait kendaraan miliknya.

Hyundai Bluelink adalah platform atau teknologi konektivitas yang memudahkan pengguna dalam mengecek dan mengatur penggunaan mobil. Fitur canggih yang dihadirkan oleh Hyundai ini berupa aplikasi smartphone yang bisa digunakan oleh pemilik mobil.

“Bluelink ini berikan kemudahan bagi penggunanya melalui smartphone,” ungkap Bonar.

Fitur ini juga dibekali sejumlah fungsi yang canggih dan modern, salah satunya View Around Vehicle yang memungkinkan penggunanya melihat kondisi sekitar kendaraan dengan berbekal kamera 360 derajat melalui gawai miliknya

“Ini juga memiliki fitur View Around Vehicle. Jadi, pengguna dapat melihat kondisi sekitar kendaraan dalam kamera 360 derajat melalui smartphone,” jelas Bonar.

Kona Electric terbaru juga dibekali teknologi over-the-air (OTA), yang berguna untuk memperbarui perangkat lunak secara otomatis pada SUV tersebut.

Blind Spot View Monitor

Kendaraan bermerek Hyundai kini dibekali dengan Smartsense, fitur keselamatan yang berbasis dari radar. Salah satu sistemnya ialah Blind Spot View Monitoring yang berguna mendeteksi titik buta di sekitar kendaraan.

Bonar menjelaskan bahwa fitur tersebut dapat bekerja ketika pengemudi mengoperasikan turn signal indicator atau lampu sein ketika ingin berbelok, sehingga memudahkan pengemudi mengetahui situasi di sekitar dengan lebih luas.

“Ini memberikan visual titik buta pada sekitar kendaraan ketika pengemudi mengaktifkan turn signal indicator,” pungkas Bonar.