Apple Akan Berhenti Memproduksi Lima Perangkat Ini

JAKARTA – Setiap kali Apple meluncurkan perangkat baru, perusahaan itu akan menghentikan produksi pada perangkat lamanya. Kali ini, Apple akan berhenti memproduksi jajaran iPad dan Mac dengan versi lama. 

Dilansir dari 9to5mac, ada lima perangkat yang produksinya akan dihentikan setelah keynote Oktober digelar. Jika produksinya sudah dihentikan, Apple hanya menjual perangkat yang tersisa di pasaran. Berikut ini beberapa perangkat yang akan berhenti diproduksi. 

MacBook Pro M3

Apple akan meluncurkan MacBook Pro terbaru dengan chip M4. Perangkat ini hadir dalam dua ukuran, yaitu 14 inci dan 16 inci. Dengan lahirnya perangkat baru ini, Apple akan menghentikan produksi dari perangkat generasi sebelumnya.

MacBook Pro M3 sebenarnya baru dirilis pada Oktober tahun lalu dan usianya belum cukup tua. Namun, sesuai tradisi, perusahaan itu akan menghentikan produksi untuk perangkat yang lebih lama agar mereka bisa fokus pada perangkat terbaru.

Mac Mini M2

Tidak seperti MacBook Pro M3, Mac Mini M2 sudah hampir berusia dua tahun. Perangkat ini dirilis pada Januari tahun lalu dengan dua model chip, yaitu M2 dan M2 Pro. Dalam waktu dekat, Apple akan merilis Mac Mini terbaru yang dinilai lebih canggih.

Mac Mini terbaru akan menggunakan desain terbaru, sekaligus pembaruan desain terbesar dalam 14 tahun terakhir. Perangkat ini akan menggunakan layar chip M4, melompati chip dari generasi sebelumnya.

iPad Generasi ke-10

Perangkat berikutnya yang diperkirakan akan berhenti diproduksi adalah iPad Generasi ke-10 karena model iPad yang lebih baru akan dirilis. Namun, kabar ini belum bisa dipastikan karena beberapa pihak mengatakan bahwa iPad model dasar tidak akan tersedia.

Jika rumor ini terbukti benar, maka iPad Generasi ke-10 mungkin akan terus diproduksi. Namun, jika iPad generasi ke-11 diluncurkan, Apple sudah pasti akan menghentikan produksi iPad model dasar dari generasi sebelumnya.

Selain tiga perangkat tersebut, Apple diyakini akan menghentikan produksi Komputer iMac M3 karena perusahaan tersebut akan merilis model iMac terbaru dengan chip M4. iPad Mini 6 juga akan berhenti diproduksi karena Apple diperkirakan akan merilis model iPad Mini terbaru.