Destinasi Wisata Heha Ocean View Berdayakan 80 Persen Warga Lokal

JAKARTA - Heha Ocean View Gunung Kidul, Yogyakarta memberdayakan sekitar 80 persen warga lokal. Para pegawai lokal itu berasal dari sejumlah wilayah di sekitar tempat wisata tersebut seperti warga Girikarta, Panggang, Saptosari dan Purwasari.

Sementara sisanya berasal dari luar kawasan wisata seperti Jakarta, Surabaya dan beberapa kota lain di sekitar Yogyakarta.

"Saya sendiri adalah warga lokal. Warga lokal di sini dijadikan banyak karyawannya itu 80% dari warga yang ada," ujar Dio Arlianto salah satu karyawan Heha Ocean View, Minggu, 6 Oktober.

Dio mengatakan, warga lokal yang diberdayakan berasal dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sarjana yang semuanya direkrut secara berkala.

Menurutnya, masyarakat sangat antusias menyambut kehadiran tempat wisata tersebut, sebab selain membuka lapangan pekerjaan baru, kehadiran Heha Ocean View juga mampu mendongkrak nilai ekonomi warga lewat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terus menggeliat.

"Kalau untuk ekonomi masyarakat sekitar, pastinya sangat membantu yang mana di parkiran bawah itu sudah banyak membuka lahan untuk pedagang kaki lima. Bisa berjualan diparkiran," ungkapnya.

Selain itu, kehadiran Heha Ocean View juga membuka usaha operator shuttle di luar area Heha Ocean View yang berfungsi mengangkut para pengunjung yang datang menggunakan bus.

“Dari depan itu, dari Jalur Lintas Selatan (JLS) itu juga banyak namanya operator shuttle. Operator shuttle itu kalau bus besar kan belum bisa masuk ke daerah kita, maka dari itu operator shuttle itu akan kedatangan tamu juga akan mendapat pendapatan dari situ," ujarnya.

Selain itu, tempat wisata yang beralamat di Kelurahan Girikarto Gunungkidul itu kini menjadi magnet wisata baru di kawasan Yogyakarta kendati baru beroperasi pada 2021 lalu.

Heha Ocean View menjadi destinasi wisata baru yang langsung melejit lantaran menawarkan konsep wisata yang berbeda yakni panorama laut lepas dari ketinggian perbukitan di pesisir selatan Yogyakarta.

Penggabungan keindahan laut dengan konsep bangunan estetik membuat Heha Ocean View menjadi salah satu tempat wisata paling diminati dan paling diburu wisatawan lokal maupun mancanegara. Penyedian sekitar 12 spot foto instagramable menjadi daya tarik lainnya dari destinasi wisata ini.

HeHa merupakan penggabungan nama depan dua pendiri utamanya asli wong Jogja, yaitu Herry dan Handoyo. Sedangkan Ocean View menegaskan tempat ini berada di kawasan tepi laut dan perbukitan. HeHa Ocean View berada di bawah naungan korporasi yang sama dengan tempat wisata HeHa Sky View di Patuk, Gunungkidul dan HeHa Forest di Kaliurang, Sleman.

Heha Ocean View dapat diakses dari pusat Kota Yogyakarta dengan jarak tempuh 47 km dengan estimasi waktu tempuh sekitar 1.5 jam.