Inilah Beberapa Pembaruan yang Dilakukan YouTube untuk Para Kreator Konten

JAKARTA - YouTube kembali melakukan pembaruan signifikan pada layanan video pendeknya yaitu Shorts dengan memberikan perpanjangan durasi hingga 3 menit.

Dengan demikian kreator dapat lebih leluasa untuk menghadirkan kreasi video pendek dan tidak lagi terbatas dengan durasi yang teramat pendek.

Dalam unggahan blog resmi YouTube yang diunggah oleh Director of Product Management YouTube Shorts Todd Sherman, dikutip Minggu, durasi Shorts yang mencapai tiga menit itu bisa diunggah oleh kreator mulai 15 Oktober 2024.

"Ini adalah fitur yang paling banyak diminta oleh kreator, jadi kami senang memberi kreator lebih banyak fleksibilitas untuk menceritakan kisahnya," kata Todd dalam unggahan blog tersebut.

Adanya penambahan durasi untuk Shorts ini akan berlaku untuk video yang rasio aspeknya persegi atau lebih tinggi, dan tidak akan memengaruhi video yang diunggah kreator sebelum 15 Oktober.

Nantinya YouTube akan meningkatkan rekomendasi untuk Shorts yang berdurasi lebih panjang dalam beberapa bulan mendatang.

Selain menambah durasi untuk Shorts, YouTube juga melakukan beberapa pembaruan untuk pembuatan konten.

Misalnya dengan menyediakan templates, kreator YouTube Shorts bisa dengan mudah mengikuti tren terbaru dan menyesuaikan video rekamannya dengan lagu viral ataupun tren lainnya.

Untuk mencoba template, pengguna bisa memilih opsi "Remix" di Shorts dan pilih "Use this template" untuk membuat versinya sendiri.

Selain itu, YouTube juga akan membawa Veo yaitu model AI Google yang mumpuni untuk membuat video ke dalam Shorts.

"Kreator akan dapat mewujudkan ide mereka dengan latar belakang video yang lebih luar biasa dan klip video mandiri, yang akan membuat Shorts Anda semakin memukau akhir tahun ini," kata Todd.

Terakhir, YouTube juga memberikan pembaruan untuk pengguna bisa menyesuaikan preferensinya untuk mengakses konten-konten Shorts.

Apabila terasa terlalu banyak, pengguna YouTube bisa memilih opsi "Show fewer Shorts" dengan mengeklik menu tiga titik di kanan atas kisi Shorts mana pun di umpan Beranda.

Setelahnya pengguna akan lebih sedikit terpapar oleh konten Shorts di Beranda-nya.