Fiorentina vs AC Milan: Milan Ingin Ulangi Rekor Manis Musim Lalu di Artemio Franchi

JAKARTA - Fiorentina dan AC Milan akan saling berhadapan di Stadio Artemio Franchi, Firenze, dalam laga Serie A, Minggu 6 September. Kedua tim datang dengan hasil yang kontras di kompetisi Eropa. Fiorentina berhasil mengatasi lawan yang lebih lemah, sedangkan Milan menderita kekalahan kedua mereka di Liga Champions.

Fiorentina, yang mencapai final dua tahun berturut-turut di Conference League, diharapkan bisa dengan mudah melewati lawan asal Wales, The New Saints, dalam laga pertama mereka di kompetisi ini pada Kamis. Namun, tim asuhan Raffaele Palladino harus menunggu hingga menit ke-65 untuk mencetak gol pembuka lewat Yacine Adli. Moise Kean kemudian memastikan kemenangan dengan gol kedua.

Di sisi lain, performa domestik Fiorentina belum terlalu mengesankan sejak Palladino mengambil alih dari Vincenzo Italiano. Mereka baru mengantongi satu kemenangan dari empat pertandingan pertama Serie A sebelum mengalahkan Lazio di akhir September. Hasil imbang tanpa gol melawan Empoli pekan lalu membuat mereka berada di posisi ke-11 klasemen, dengan rata-rata hanya sedikit lebih dari satu poin per pertandingan.

Fiorentina tidak mudah dikalahkan saat bermain di kandang, hanya kalah satu kali dalam 11 laga kandang terakhir mereka di Serie A. Namun, kekalahan tersebut datang dari Milan pada Maret lalu, yang melengkapi kemenangan ganda Milan atas Fiorentina musim lalu.

Milan datang ke pertandingan ini dengan performa yang lebih baik di Serie A. Mereka tidak terkalahkan dalam empat pertandingan terakhir di liga, termasuk mengakhiri dominasi Inter Milan di derby. Namun, di Liga Champions, Milan belum mampu menemukan ritme yang sama, dengan kekalahan dari Liverpool dan Bayer Leverkusen.

Meski demikian, di Serie A, Milan berada di peringkat ketiga setelah enam pertandingan, dengan kemenangan 3-0 atas Lecce pekan lalu. Gol dari Alvaro Morata, Theo Hernandez, dan Christian Pulisic membawa Milan mencatatkan 14 gol musim ini, menjadikan mereka tim dengan gol terbanyak di Serie A. 

Fiorentina diperkirakan akan kembali dengan kekuatan penuh setelah melakukan rotasi di tengah pekan. Christian Kouame, yang bermain sebagai penyerang tunggal dalam laga melawan The New Saints, kemungkinan akan tetap menjadi andalan di lini depan. Trio bek Luca Ranieri, Pietro Comuzzo, dan Lucas Martinez Quarta akan kembali setelah menjalani skorsing di Eropa, namun Marin Pongracic masih absen karena cedera paha.

AC Milan kemungkinan akan melakukan sedikit perubahan dari skuad yang menghadapi Bayer Leverkusen. Tammy Abraham dan Alvaro Morata akan bersaing untuk tempat di lini depan, sementara Rafael Leao dan Christian Pulisic dipastikan akan tampil. Leao telah mencetak gol dalam tiga laga terakhir melawan Fiorentina, sementara Pulisic sedang dalam performa terbaiknya dengan mencetak gol dalam tiga pertandingan terakhir di Serie A.

Kapten Milan, Davide Calabria, kembali ke lapangan setelah pulih dari cedera otot, tetapi Marco Sportiello, Ismael Bennacer, dan Alessandro Florenzi masih absen karena cedera.

Dengan performa yang beragam dari kedua tim, laga ini diprediksi akan berjalan ketat. Fiorentina kuat di kandang, namun Milan datang dengan skuad yang lebih konsisten di liga.

Prakiraan Susunan Pemain

Fiorentina:

De Gea; Martinez Quarta, Comuzzo, Ranieri; Dodo, Cataldi, Bove, Gosens; Colpani, Gudmundsson; Kean

AC Milan:

Maignan; Emerson, Gabbia, Pavlovic, Hernandez; Fofana, Reijnders; Pulisic, Morata, Leao; Abraham