Dianugerahi Tanda Kehormatan Samkarya Nugraha dari Presiden RI, Dangrup-1 Kopassus: Inspirasi dan Motivasi Prajurit

JAKARTA - Komandan Grup-1 Kopassus Kolonel Inf. Irfan Amir mengatakan, penghargaan yang diterima oleh satuan yang dipimpinnya menjadi motivasi dan inspirasi seluruh prajurit untuk meningkatkan dedikasi dan profesionalisme.

Itu dikatakannya usai menerima Tanda Kehormatan Samkarya Nugraha yang diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo saat Upacara HUT ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu 5 Oktober.

"Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja luar biasa, dedikasi tanpa henti, dan pengabdian Grup 1 Kopassus dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI," jelas Dangrup-1 Kopassus dalam keterangan tertulis, Sabtu 5 Oktober.

Lebih jauh dijelaskan Kolonel Inf. Irfan Amir, sejak didirikan pada 23 Maret 1963, Grup-1 Kopassus dengan Dhuaja "Eka Wastu Baladika" terus menorehkan sejarah dan tinta emas di berbagai medan tugas, serta memberikan kontribusi besar bagi negara.

"Tanda Kehormatan Samkarya Nugraha terakhir kali diterima oleh Kopassus pada tahun 1969, saat masih dikenal dengan nama RPKAD. Satuan TNI lainnya yang pernah menerima penghargaan ini sebelumnya ada KRI Arung Samudera pada tahun 2013," jelas Abituren Akmil 2000 ini.

Komandan Grup-1 Kopassus Kolonel Inf. Irfan Amir. (Sumber: Grup-1 Kopassus)

Dalam kesempatan ini, Dangrup 1 Kopassus mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT dan terima kasih yang mendalam kepada Presiden, Panglima TNI, Kasad, Danjen Kopassus dan seluruh perwira senior serta seluruh prajurit Grup 1 Kopassus.

"Berkat dukungan dan kontribusi seluruh pihak, Tanda Kehormatan Samkarya Nugraha dapat dianugerahkan kepada Grup 1 Kopassus di tahun 2024 ini," kata Dangrup-1 Kopassus.

Ditambahkan olehnya, penghargaan ini didedikasikan kepada seluruh prajurit Kopassus, baik yang masih berdinas di Grup 1 saat ini maupun prajurit yang pernah berdinas di Grup 1 kopassus selama ini.

"Pencapaian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi seluruh prajurit TNI untuk senantiasa meningkatkan semangat juang, profesionalisme, dan dedikasi mereka dalam menjaga kedaulatan negara, serta memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan tanah air," pungkas Dangrup-1 Kopassus.

Diketahui, berdasarkan UU No.20 Tahun 2009, Samkarya Nugraha adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh Presiden RI kepada satuan TNI yang telah berjasa dalam suatu operasi militer dan pembangunan untuk pertahanan negara dan bangsa.

Dalam HUT ke-79 TNI tahun ini, penghargaan Samkarya Nugraha juga diberikan kepada Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir, Sat Bravo 90 Kopasgat, Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Skadron Udara 17 Halim Perdanakusuma, Yonif PR-501 Bajra Yudha 18/2/Kostrad, Kodim 1714 Puncak Jaya, Satuan Kapal Selam Koarmada II, KRI Frans Kaisiepo (368) dan KRI Bima Suci (945).