Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman berharap Komando Pasukan Khusus (Kopassus) senantiasa menjaga kesiapan dan keprofesionalitasannya, serta senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat dengan memberikan solusi dan berdampak terhadap kesejahteraan, dalam amanatnya saat perayaan HUT ke-71 Kopassus, Senin.

Upacara HUT ke-71 Kopassus kali ini yang mengusung tema 'Kopassus Ku, Kopassus Kita, Patriot NKRI untuk Indonesia' digelar di Makopassus, Cijantung, Jakarta TimurTimur, dengan Komandan Upacara Kolonel Inf Catur Sutoyo yang sehari-hari menjabat sebagai Dangrup-2 Kopassus.

"Selaku Kasad, saya menyampaikan terima kasih yang tulus serta apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi dan persembahan terbaik seluruh prajurit, menjadikan Kopassus dihormati dan disegani, " ujar KSAD dalam amanat yang dibacakan oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan selaku Inspektur Upacara, Senin 17 April.

Lebih jauh KSAD mengatakan, melalui momentum HUT kali ini, saya mengajak keluarga besar Kopassus untuk mengingat kembali, keberhasilan yang dicapai tidak lepas dari rintisan dari para sesepuh dan pendahulu Kopassus.

"Bagi prajurit Kopassus, saya ingin menekankan agar selalu menjaga kesiapan operasional dan kesiapsiagaan satuan yang tinggi sebagai wujud profesionalitas prajurit dan satuan yang dibentuk secara khusus di atas kemampuan prajurit dan satuan biasa," pesan Kasad.

"Kopassus dibentuk dan dilatih untuk menjadi prajurit yang militan, profesional serta adaptif yang dilandasi moralitas dan loyalitas," tegas Kasad Jenderal Dudung.

Ditambahkan olehnya, dengan kebesaran nama dan prestasi yang membanggakan, jangan sampai membuat prajurit Kopassus terlena. Kehebatan Kopassus membuat banyak negara menaruh hormat dan ingin belajar.

"Saya berpesan kepada prajurit Kopassus di mana pun berada, senantiasa hadir di tengah masyarakat kesulitan masyarakat, apa pun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi dalam setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat," pesannya.

"Lakukan tindakan-tindakan yang dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat, agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD," pungkasnya.