Daftar 20 Cabor di Peparnas 2024 Solo

JAKARTA – Total ada sebanyak 20 cabang olahraga (cabor) yang akan berkompetisi Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024.

Acara olahraga multicabang untuk atlet disabilitas terbesar nasional itu akan secara resmi dibuka pada Minggu, 6 Oktober besok dan ditutup pada Minggu, 13 Oktober nanti.

Sebanyak 35 provinsi mengambil bagian dalam ajang itu. Sejauh ini sudah ada 4.386 atlet dan ofisial telah tiba di Kota Solo. Gorontalo akan menjadi provinsi terakhir yang akan tiba pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

Keikutsertaan 35 provinsi yang sudah memiliki kepengurusan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) menjadi sejarah baru dalam perjalanan PEPARNAS.

Pada gelaran sebelumnya tahun 2021 lalu di Papua, ajang ini diikuti oleh 30 provinsi. Sementara itu, pada PEPARNAS XV 2016 di Jawa Barat, ada 34 provinsi yang ikut serta.

Ketua Umum National Paralympic Committees (NPC) Indonesia Senny Marbun gembira dengan kehadiran semua peserta tahun ini setelah sebelumnya ada 21 provinsi kesulitan memberangkatkan atlet dan ofisial mereka.

"Namun sekarang [mereka semua] sudah bisa hadir," ujar Senny Marbun dalam keterangan yang diterima.

Rincian 20 cabor yang akan berlomba itu adalah panahan, atletik, bulu tangkis, boccia, catur, balap sepeda, sepak bola CP (Cerebral Palsy), dan tenis meja.

Selanjutnya ada judo tunanetra, angkat berat, menembak, renang, taekwondo, voli duduk, tenpin bowling, anggar kursi roda, goalball, dan tenis kursi roda. Adapun para e-Sport dan basket kursi roda berstatus ekshibisi.

Laga dari 20 cabang olahraga itu akan dimulai pada Senin, 7 Oktober nanti. Sebelum itu, para atlet dan ofisial mengikuti defile pada upacara pembukaan yang kabarnya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Daftar Cabor di Peparnas 2024:

1. Panahan

2. Atletik

3. Bulutangkis

4. Boccia

5. Catur

6. Bapa sepeda

7. Sepak bola

8. Goalball

9. Judo

10. Angkat berat

11. Menembak

12. Voli duduk

13. Renang

14. Taekwondo

15. Tenis meja

16. Tenpin bowling

17. Anggar kursi roda

18. Basket kursi roda

19. Tenis kursi roda

20. E-Sports