TRISUM Jadi Wakil Musik Instrumental di Synchronize Fest 2024

JAKARTA - TRISUM jadi salah satu lineup pembuka gelaran Synchronize Fest 2024 dengan tema “Together Bersama” yang digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat, 4 Oktober sore.

Proyek musik dari tiga gitaris terbaik Indonesia itu tampil di Panggung XYZ dengan formasi Balawan (gitar), Dewa Budjana (gitar), Tohpati (gitar), Indro Hardjodikoro (bass), dan Echa Soemantri (drum).

Kehadiran TRISUM sebagai grup yang mengusung musik instrumental jazz fusion memperlihatkan bagaimana Synchronize Fest sebagai gelaran musik yang ditujukan untuk seluruh jenis musik yang ada di Indonesia.

Mereka memulai penampilan dengan versi instrumental lagu “Jali Jali”, kemudian dilanjutkan dengan karya orisinal dengan judul “Rahwana”.

“Wah, TRISUM bisa main di Synchronize, jarang-jarang kita main di sini,” kata Balawan, mengapresiasi bagaimana penyelenggara mengapresiasi musik mereka.

“Ini pertama kalinya untuk TRISUM main di Synchronize,” lanjut gitaris yang dikenal dengan gaya permainan two-handed tapping itu.

Selanjutnya, TRISUM membawakan repertoar lain, seperti “Pulang”, “Bimasakti”, dan versi instrumental dari “Cublak Cublak Suweng”.

Selain itu, TRISUM juga memperkenalkan komposisi terbaru, yang rencananya akan dirilis tahun ini.

“Kita akan mainkan lagu baru, tapi belum ada judulnya. Mudah-mudahan bisa rilis tahun ini,” ujar Balawan.

Permainan lima musisi terbaik Tanah Air seperti membius penonton yang hadir. Mereka silih berganti memainkan improvisasi yang disambut tepuk tangan meriah.

Adapun, Synchronize Fest 2024 yang digelar di lahan seluas 2,26 hektar, menghadirkan delapan panggung dan lebih dari 50 line up yang menampilkan musisi-musisi terbaik Tanah Air.

Tiga penampilan spesial hadir di hari pertama, yaitu ERWIN GUTAWA ORCHESTRA: BADAI PASTI BERLALU; BRANG BRENG BRONG: BENYAMIN BIKIN KETRIBUTAN, dan NIKE ARDILLA LIVE BERSAMA.

Selain itu, terdapat beberapa penampil yang juga sayang untuk dilewatkan, mengingat sulitnya untuk merasakan ulang penampilan mereka di gelaran musik yang menawarkan suasana berbeda seperti Synchronize Fest.

Line up lain yang dimaksud adalah AK//47; TIMNAS JATIWANGI (TALAWENGKAR, Mother Bank, dan LAIR); Bondan Prakoso & Fade2Black; Bebop Collective: Salon R&B, The Kick x The Jeblogs; serta Arrington De Dionyso & Singo Sembrono.

Selain semua nama di atas, tentunya gelaran hari pertama Synchronize Festi 2024 juga menghadirkan nama-nama populer yang belakangan ini meramaikan festival musik besar, seperti Bernadya, Maliq & D’Essentials, Juicy Luicy ft. Adrian Khalif, .Feast, Lyodra, Guyon Waton, FLOAT, Tipe-X, Vierratale, Saykoji, FSTVLST, Nadhif Basalamah, dan masih banyak lagi.