Mengenal Teknik Masak Deep Fried dan Cara Melakukannya dengan Benar

JAKARTA - Deep fried merupakan metode menggoreng makanan dengan merendamnya dalam minyak yang banyak dan panas. Metode ini digunakan dalam memasak untuk menghasilkan makanan dengan tekstur yang kering dan krispi.

Dalam memasak makanan dengan metode ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar melakukannya dengan benar. Simak ulasannya berikut ini.

1. Pastikan minyak panas dengan sempurna

Dilansir dari Fooby, rahasia menggoreng dengan teknik ini adalah minyak yang harus panas dengan sempurna. Suhu panas minyak yang disarankan dalam deep frying adalah 170 hingga 190 derajat celcius.

Suhu yang panas diperlukan agar makanan yang dimasak tidak menyerap banyak lemak dari minyak. Dengan demikian lapisan luar makanan yang digoreng akan renyah dan lapisan dalamnya lembap serta lembut.

2. Gunakan jenis minyak yang tepat

Pastikan Anda menggunakan minyak yang tepat untuk deep fried, seperti minyak sayur. Minyak ini memiliki titik asap yang tinggi sehingga cocok di suhu panas deep fried, serta rasanya juga lebih netral.

3. Bumbui bahan makanan dengan tepung

Ketika memasak dengan deep fried, bahan makana yang dimasak sebaiknya dibalur dengan tepung lebih dahulu. Dengan demikian, hasil gorengan akan lebih renyah dan krispi.

4. Goreng secara bertahap

Menggoreng makanan dengan deep fried disarankan dilakukan secara bertahap. Jangan langsung memasukkan makanan dalam jumlah banyak pada satu kali penggorengan, karena kematangan akan tidak sempurna.