4 Tips Pakai Helm untuk Cegah Rambut Lepek

JAKARTA - Masalah rambut lepek usai menggunakan helm sering dialami oleh pengendara motor. Rambut yang lepek membuat penampilan kurang maksimal dan tidak nyaman.

Namun, tak perlu khawatir, karena ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah rambut lepek usai menggunakan helm. Berikut caranya yang dilansir dari SkinKraft.

1. Gunakan helm dengan yang sesuai bentuk kepala

Untuk mengurangi risiko rambut lepek, sebaiknya gunakan helm yang sesuai dengan bentuk kepala. Helm yang sesuai dengan bentuk kepala akan memberikan ruangan yang lebih baik dan mengurangi tekanan pada rambut yang dapat menyebabkan lepek.

2. Hindari pakai helm saat rambut basah

Pastikan rambut Anda kering dengan baik sebelum mengenakan helm. Rambut yang basah atau lembab akan semakin cepat lepek ketika mengenakan helm, bahkan menciptakan perkembangan cepat bagi bakteri dan jamur di kulit kepala.

3. Jangan terlalu ketat menguncir rambut

Kuncir rambut dengan longgar atau pilih gaya kuncir yang tidak memberikan tekanan banyak pada rambut saat mengenakan helm. Ini lantaran mengikat rambut dengan ketat dapat meningkatkan risiko rambut lepek setelah mengenakan helm.

4. Gunakan penutup rambut

Menggunakan penutup rambut seperti buff dan under helmet dapat menjadi pilihan praktis untuk mencegah rambut lepek setelah mengenakan helm. Penutup rambut dapat melindungi rambut dari gesekan langsung dari helm dan menyerap keringat, sehingga rambut akan tetap kering dan terhindar dari lepek.