Menlu Iran Tiba di Lebanon di Tengah Gempuran Serangan Udara Israel

JAKARTA -  Menteri luar negeri Iran Seyed Abbas Araghchi dilaporkan tiba di Lebanon, menurut Kantor Berita Nasional resmi Lebanon. Kedatangan Menlu Iran di tengah serangan berkelanjutan Israel terhadap Hizbullah di Lebanon.

“Saat ini pesawat Iran telah tiba di Bandara Internasional Rafic Hariri, membawa Menteri Luar Negeri Dr. Abbas Araghchi,” lapor NNA dikutip CNN, Jumat, 4 Oktober.

Kunjungan tersebut terjadi di saat meningkatnya ketegangan regional, dengan Israel melancarkan serangan berkelanjutan di Lebanon selama sepekan terakhir dan serangan rudal Iran baru-baru ini terhadap sasaran militer di Israel.

Diberitakan sebelumnya, serangan Israel di Beirut Kamis malam hingga Jumat pagi waktu setempat menargetkan pejabat senior Hizbullah Hashem Safieddine.

Safieddine adalah salah satu calon penerus mendiang pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah, yang tewas dalam serangan Israel pekan lalu. Tidak jelas apakah serangan Israel itu membunuh Safieddine.

Dilansir CNN, Jumat, 4 Oktober, Hizbullah juga melakukan serangan ke Israel pada Kamis. Israel menyebut Hizbullah meluncurkan sekitar 230 proyektil dari Lebanon.

Sementara Hizbullah mengklaim melakukan 32 serangan bervariasi sepanjang hari, termasuk serangan roket terhadap permukiman dan pangkalan militer Israel serta serangan terhadap tentara Israel yang melakukan operasi darat di Lebanon selatan.