Elektabilitas Pasangan Helldy Agustian-Alawi Mahmud Unggul di Survei Pilwalkot Cilegon

JAKARTA - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil survei terkait preferensi pilihan politik warga Kota Cilegon jelang Pilkada 2024 untuk mengukur peta kekuatan elektoral dari ketiga paslon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon. Hasilnya, pasangan Helldy Agustian-Alawi Mahmud Unggul dalam survei Pilwalkot Cilegon.

Direktur Eksekutif, Togu Lubis menjelaskan, secara pilihan Top of Mind dalam simulasi pertanyaan terbuka, pasangan nomor urut 02 Helldy Agustian-Alawi Mahmud mengungguli kedua paslon pesaingnya dengan dipilih sebanyak 43,7 persen.

Disusul pasangan calon nomor urut 01 Robinsar-Fajar di urutan kedua dengan dipilih sebanyak 20,8 persen. Pada urutan ketiga, pasangan nomor urut 03 Isro Mi’raj -Nurrotul Uyun dipilih sebanyak 16,7 persen. Sedangkan yang tidak memilih sebanyak 18,8 persen.

"Begitupun dalam simulasi pertanyaan tertutup, pasangan Helldy Agustian -Alawi Mahmud dipilih sebanyak 53,4 persen dan pasangan Robinsar-Fajar dipilih sebanyak 22,2 persen. Kemudian, pasangan Isro Mi’raj -Nurrotul Uyun dipilih sebanyak 18,7 persen dan yang tidak memilih sebanyak 5,7 persen," ujar Togu dalam keterangannya, Jumat, 4 Oktober.

Dari hasil survei elektabilitas dengan simulasi surat suara yang diberikan kepada responden, lanjut Togu, mencatatkan hasil dukungan suara untuk pasangan Helldy Agustian-Alawi Mahmud dipilih sebanyak 55,8 persen dan pasangan Robinsar-Fajar dipilih sebanyak 21,3 persen.

"Kemudian, pasangan Isro Mi’raj-Nurrotul Uyun dipilih sebanyak 17,3 persen dan yang tidak mencoblos kartu suara sebanyak 5,6 persen," kata Togu.

Selain elektabilitas, Togu menambahkan, ada instrumen lain yang juga disurvei. Pertama, tingkat approval rating dari pemerintahan Kota Cilegon tergolong tinggi dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Helldy Agustian mencapai 79,9 persen.

"Sedangkan yang tidak puas sebesar 10,7 persen , dan menganggap biasa saja sebesar 9,4 persen," katanya.

Kedua, dari sisi popularitas dan penerimaan publik terhadap ketiga paslon. Pasangan Helldy Agustian-Alawi Mahmud memiliki tingkat popularitas di masyarakat Cilegon hingga 89,7 persen dan tingkat penerimaan masyarakat hingga 83,9 persen.

Untuk pasangan Robinsar-Fajar Tingkat popularitas di masyarakat Cilegon hanya 40,7 persen dan Tingkat penerimaan masyarakat hanya 38,7 persen. Kemudian pasangan Isro Miraj -Nurrotul Uyun dengan tingkat Popularitas 50,6 persen dan tingkat penerimaan sebesar 39,1 persen.

"Faktor approval rating dari Helldy Agustian sebagai petahana walikota Cilegon yang di atas 75 persen dan tingkat popularitas serta penerimaan masyarakat Cilegon terhadap petahana Helldy Agustian menjadi faktor tinggi tingkat elektabilitas pasangan Helldy-Alawi di survei ini," jelasnya.

Kemudian di bagian kemantapan pilihan, tambah Togu, pasangan Helldy Agustian-Alawi Mahmud terekam memiliki strong voters sebesar 81,7 persen dan swing voters sebesar 18,3 persen. Sedangkan strong voters pasangan Robinsar-Fajar hanya di angka 40,8 persen  dan swing voters 59,2 persen.

"Sementara pasangan Isro Miraj-Nurrotul Uyun memiliki strong voters sebesar 60,3 persen. dan swing voters sebesar 39,7 persen," pungkas Togu.

Survei LKPI dilaksanakan pada periode 23-30 September 2024 melalui wawancara tatap muka dengan melibatkan 1.480 responden dari populasi daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Cilegon Sebanyak 330.413 Daftar pemilih tetap.

Setiap pewawancara mewawancarai 10 responden untuk setiap satu desa/kelurahan terpilih.

Metode survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,49 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.