Pengguna Spotify Kini Bisa Dengarkan Lagu Secara Offline Tanpa Perlu Mengunduh

JAKARTA – Spotify meluncurkan Offline Backup, kemampuan baru untuk mendengarkan lagu secara offline tanpa perlu mengunduh lagu. Fitur baru ini dirilis pada Kamis, 3 Oktober bagi para pengguna akun Premium. 

Pengguna bisa mendengarkan lagu saat tidak ada jaringan karena Offline Backup mengingat aktivitas terakhir pengguna. Fitur ini akan mengambil track lagu yang dimasukkan ke dalam queue atau antrean dan lagu yang baru diputar untuk disimpan. 

Lagu-lagu ini akan dijadikan satu dalam daftar putar yang mudah diakses saat pengguna ingin menghemat data, mengaktifkan mode pesawat, atau berada di kondisi jaringan yang sulit. Spotify menjelaskan bahwa fitur ini mengandalkan cache di dalam platform. 

"Untuk melakukannya, kami menyertakan track yang sudah tersimpan di perangkat Anda sebagai bagian dari lagu yang biasa Anda dengarkan di Spotify (juga dikenal sebagai cache)," kata Spotify, dikutip dari situs resminya. 

Menariknya, daftar putar offline ini bisa difilter dan diurutkan berdasarkan artis, suasana hati pengguna, hingga genre. Spotify mengatakan bahwa fitur ini tidak hanya dirilis untuk iOS dan Android, tetapi juga Android Auto dan Apple Carplay.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan fitur ini, pastikan bahwa aplikasi Anda sudah premium dan menggunakan versi terbaru. Saat data atau Wi-Fi dimatikan, Offline Backup akan muncul secara otomatis. Sebagai alternatif, Anda bisa menambahkan lagu yang diinginkan ke dalam Perpustakaan. 

"Pastikan Anda telah mendengarkan lebih dari lima lagu baru-baru ini dan mengaktifkan fitur mendengarkan secara offline. Temukan fitur ini di bawah Setelan, lalu Penghematan Data dan Offline atau Penyimpanan. Cari tombol alih Mendengarkan Secara Offline," jelas Spotify.