Layanan Kereta Mewah Suite Class Compartment Telah Dinikmati 155.607 Penumpang

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat kenaikan jumlah penjualan tiket kereta kelas Suite Class Compartment.

VP Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, sebanyak 155.607 penumpang menggunakan layanan kereta Suite Class Compartment dan Luxury pada periode Januari hingga September.

VP Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, angka tersebut meningkat 70,6 persen dibandingkan pada tahun 2023 di periode yang sama yaitu sebanyak 91.208 pelanggan.

Anne menambahkan, puncak volume penumpang kelas tersebut terjadi pada bulan Juni 2024 sebanyak 17.160 pelanggan atau rata-rata 572 pelanggan per hari.

Angka ini menunjukkan layanan kereta Suite Class Compartment dan Luxury semakin diminati oleh masyarakat dalam berpergian menggunakan jasa transportasi kereta api.

“Peningkatan tersebut dikarenakan kedua kereta tersebut dilengkapi dengan ragam fitur menarik seperti sarana kursi yang lebih nyaman dan privat, toilet standar hotel, serta berbagai layanan spesial lainnya,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis, 3 Oktober.

Di tiap ruangan kereta Suite Class Compartment, sambung Anne, telah terpasang pintu geser yang dapat digerakkan secara otomatis.

Adapun kursinya dapat direbahkan (reclining) hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi sebagai kasur tidur.

“Kursi tersebut dapat diputar (revolving) sehingga penumpang dapat menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api,” ujar Anne.

Anne menjelaskan selain sudut kemiringan sandaran kepala, kaki, dan badan, tingkat kehangatan dari kursi ini juga bisa diatur. Kursi ini juga memiliki fitur pijat yang bisa disetel untuk berbagai teknik pijatan.

Lebih lanjut, Anne mengatakan, pada kursi ini juga ada baki lipat yang bisa difungsikan untuk meja makan atau meja kerja.

Di samping itu, fasilitas-fasilitas lain juga akan penumpang dapatkan khusus bagi pengguna kelas Suite Class Compartment.

“Keunggulan Kereta Luxury New Generation ini di antaranya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antarkereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis,” katanya.

Menurut Anne, fasilitas ini akan semakin memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi. Suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap.

Kereta Suite Class Compartment, sambung Anne, mampu menciptakan segmen pelanggan baru, selain wisatawan saat ini telah banyak penumpang rutin yang menjadi pelanggan layanan kereta Kompartemen dan kereta Luxury.

Adapun perjalanan kereta api yang terdapat 2 kelas layanan kereta tersebut semakin diminati kalangan masyarakat setelah sebelumnya KAI melakukan peningkatan waktu tempuh diberbagai kolidor relasi sebagai contoh KA Bima relasi Gambir-Surabaya Gubeng yang sebelumnya waktu tempuh 11 jam 31 menit (tahun 2021) menjadi waktu tempuhnya 10 jam 30 menit (tahun 2023).

Kereta kelas Suite Class Compartment dirangkaikan dengan KA Bima (Gambir-Surabaya Gubeng pp) dan KA Argo Semeru (Gambir-Surabaya Gubeng pp).

Sedangkan Kereta kelas Luxury dirangkaikan dengan KA Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan pp), Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasarturi pp), Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan pp), Argo Parahyangan (Gambir-Bandung pp), Gajayana (Gambir-Malang pp), Sembrani (Gambir-Surabaya Pasarturi pp), Taksaka (Gambir-Yogyakarta pp), dan Manahan Tambahan (Gambir-Solo Balapan pp.