Menpora: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, menyatakan Indonesia sangat mampu untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

"Pokoknya venue-venue olahraga di Indonesia sudah tersebar. Saya merasa untuk tingkat Olimpiade, jika serius, pasti kita bisa," ujar Dito di Kantor Kemenpora, Jakarta.

Indonesia mendapat tawaran menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 ketika Presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, saat Olimpiade Paris 2024.

Pertemuan tersebut membahas potensi-potensi dan peluang Indonesia menjadi tuan rumah dari rangkaian acara olahraga empat tahunan paling bergengsi itu.

Selain menawarkan Olimpiade, Thomas Bach juga membuka kemungkinan buat Indonesia untuk menjadi tuan rumah dari ajang Youth Olympic Games 2034.

Dito mengatakan sejuah ini hanya Bali dan Jakarta yang kemungkinan menjadi lokasi penyelenggaraan. Namun, tidak menutup kemungkinan buat daerah lain.

"Kita melihat Indonesia seharusnya siap dan sudah ada opsi, seperti Jakarta dan Bali. Namun, Jakabaring dan Sumatera Utara bisa siap juga," kata Dito.

Olimpiade selanjutnya pada 2028 akan berlangsung di Los Angeles, Amerika Serikat. Empat tahun setelah itu akan dihelat di Brisbane, Australia.