Google Takeouts, Alat untuk Pindahkan File dari Satu Akun Google ke Akun Lainnya

JAKARTA – Saat Anda ingin mengganti akun email, Anda mungkin ingin memindahkan sebagian besar file yang ada di Google Drive akun tersebut. Sayangnya, Google belum menyediakan alat untuk melakukan hal itu.

Namun, jika Anda bersedia untuk memindahkan datanya dengan cara yang lain, seperti mengunduh sebagian besar file dan mengunggah ulang file-nya, ada cara yang lebih efisien. Anda bisa menggunakan alat yang disebut Google Takeouts.

Google Takeouts merupakan alat yang dikembangkan untuk mengunduh data pribadi dari akun Google. Alat ini bisa mengunduh berbagai format data, mulai dari email, kontak, kalender, riyawat penelusuran dan aktivitas, foto, video, hingga dokumen.

Jika Anda ingin memindahkan file tanpa mengunduh datanya satu per satu untuk diunggah lagi ke akun lainnya, Anda bisa menggunakan Alat ini. Berikut ini cara menggunakan Google Takeouts dengan mudah, dilansir dari Makeuseof

Cara Menggunakan Google Takeouts

  1. Buka halaman Google Takeouts.
  2. Jika ada data yang terpilih, klik Batalkan Pilihan Semua.
  3. Gulir ke bagian Drive, centang kotak yang ada di sampingnya.
  4. Klik Semua Data Drive Disertakan, lalu pilih folder yang diinginkan.
  5. Gulir layar ke bawah dan klik Langkah Berikutnya, lalu lakukan ekspor.

Setelah data yang diinginkan terunduh, Anda bisa beralih ke akun Drive lainnya. Seluruh berkas yang tersimpan di perangkat Anda bisa langsung diunggah kembali ke Google Drive. Jika sudah terunggah, pastikan untuk menghapus kembali data di perangkat untuk mengurangi beban penyimpanan.