Keuntungan dan Risiko Operasi Hidung, Jangan Asal Gaya

YOGYAKARTA - Operasi hidung atau rhinoplasty semakin marak dilakukan, terutama di kalangan artis dan influencer. Mereka rela menjalani operasi hidung untuk meningkatkan penampilan seperti yang diinginkan. Demi mempercantik diri, bahkan ada orang yang rela jauh-jauh ke luar negeri untuk melakukan rhinoplasty. 

Beberapa orang membagikan pengalaman mereka menjalani operasi hidung demi memiliki tampilan wajah yang lebih proporsional. Banyaknya influencer kecantikan yang mengunggah transformasi wajah setelah melakukan rhinoplasty pun membuat tren ini kian meningkat. 

Metode operasi ini juga sudah diikuti oleh beberapa orang di Indonesia. Sejumlah klinik kecantikan di dalam negeri pun menawarkan layanan operasi hidung. Lantas apa alasan operasi hidung populer hingga banyak orang yang tertarik mengikutinya. 

Alasan Operasi Hidung Populer

Tren operasi hidung tidak hanya ramai di kalangan selebritis, namun juga sudah mulai menyebar ke masyarakat umum. Terinspirasi dari para selebritas yang tampil sempurna, banyak orang yang ingin memperbaiki bentuk hidungnya agar lebih cantik atau tampan. 

Prosedur operasi hidung dianggap dapat memperbaiki kekurangan fisik dan memberikan penampilan yang lebih menarik. Tak sebatas ingin mendapatkan memperlihatkan wajah yang menawan, melakukan operasi hidung juga dianggap memberi dampak positif pada karier dan kehidupan sosial. 

Berikut ini beberapa penyebab banyak orang tertarik melakukan operasi hidung sebagai prosedur kecantikan:

Pengaruh Media Sosial dan Standar Kecantikan Modern 

Di era digital, media sosial menjadi platform utama untuk menampilkan diri. Instagram, TikTok, dan YouTube dipenuhi oleh wajah-wajah sempurna yang kerap kali menjadi standar kecantikan modern. 

Hidung yang simetris dan proporsional sering dianggap sebagai salah satu elemen penting dalam mencapai penampilan yang "sempurna". Dengan banyaknya influencer yang terbuka tentang melakukan operasi hidung, tren ini menjadi semakin umum diikuti oleh para penggemar mereka.

Dampak Psikologis dan Peningkatan Rasa Percaya Diri 

Salah satu alasan utama mengapa orang memilih operasi hidung adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri. Bentuk hidung yang kurang diharapkan dapat menjadi sumber ketidakpuasan terhadap penampilan diri. 

Dengan melakukan rhinoplasty, seseorang dapat merasakan peningkatan dalam kepercayaan diri mereka. Perubahan dari hasil operasi hidung kemudian mempengaruhi seseorang dalam berinteraksi dan tampil untuk berbagai keperluan. 

Pilihan Kecantikan yang Dapat Disesuaikan 

Rhinoplasty menawarkan banyak pilihan hasil bentuk hidung yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan individu. Mulai dari memperbaiki tonjolan pada tulang hidung, merapikan ujung hidung yang terlalu besar, hingga memperbaiki kelainan bentuk bawaan. 

Proses operasi hidung yang canggih memungkinkan dokter bedah untuk memberikan hasil yang lebih presisi dan sesuai harapan pasien. Faktor inilah yang juga mendorong lebih banyak orang untuk menjalani prosedur tersebut.

Pengaruh Tren Global 

Budaya populer dari negara-negara seperti Korea Selatan, juga memiliki pengaruh besar dalam popularitas rhinoplasty. Negara yang sedang menjadi mendominasi tren global tersebut terkenal dengan industri kecantikan dan operasi plastiknya. 

Dalam K-beauty, memiliki hidung yang ramping dan tinggi dianggap ideal. Budaya tersebut yang membuat banyak orang yang terinspirasi untuk mendapatkan tampilan serupa. Globalisasi tren kecantikan ini bikin orang dari berbagai belahan dunia tertarik untuk mengikuti standar tersebut.

Keuntungan dan Risiko Rhinoplasty

Operasi hidung memberikan sejumlah manfaat bagi orang yang melakukannya. Tidak sebatas meningkatkan penampilan wajah, prosedur ini juga dapat memperbaiki masalah pernapasan akibat bentuk hidung yang tidak proporsional. Selain itu, hasil pasca operasi hidung juga turut meningkatkan rasa percaya diri. 

Namun seperti prosedur bedah lainnya, rhinoplasty juga memiliki risiko. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan operasi ini adalah adanya risiko Infeksi, komplikasi, atau hasil yang tidak sesuai harapan. Oleh karena itu disarankan memilih dokter bedah yang berpengalaman dan melakukan konsultasi terlebih dahulu.

Demikianlah alasan operasi hidung populer di kalangan selebritis dan influencer hingga diikuti oleh masyarakat umum. Dengan perkembangan teknologi medis dan pendekatan yang lebih personal, rhinoplasty semakin menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin mengubah atau memperbaiki penampilan mereka. Baca juga jenis filler wajah untuk menjaga kecantikan

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.