Konsisten Dukung Perjuangan Kemerdekaan Palestina, Menlu Retno Dianugerahi Mujahidah Diplomasi Award

JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada Hari Kamis memberikan penghargaan 'Mujahidah Diplomasi Award' kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, sebagai apresiasi atas komitmen dalam mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina.

"Penghargaan ini adalah pengingat bahwa perjuangan untuk Palestina adalah perjuangan kita bersama," ujar Menlu RI dalam keterangan Kementerian Luar Negeri, Kamis 3 Oktober.

"Kita bersyukur, perjuangan diplomasi Indonesia untuk Palestina mendapatkan dukungan besar dari masyarakat Indonesia dan organisasi masyarakat. MUI dan Baznas termasuk mitra penting dalam perjuangan tersebut," lanjutnya.

Selanjutnya, Menlu Retno menekankan isu Palestina sangat kental diangkat dalam dunia internasional, termasuk selama partisipasinya di Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-79 di New York yang baru saja beliau hadiri.

"Indonesia tidak akan tinggal diam. Indonesia termasuk di garis depan dalam membela perjuangan bangsa Palestina. Diplomasi Indonesia memilih untuk berpihak membela keadilan dan kemanusiaan, membela yang benar, against all odds," tegas Menlu Retno.

Lebih lanjut, dalam kesempatan ini Menlu Retno juga menjelaskan fokus utama yang diperjuangkan Indonesia selama SMU PBB di New York, Amerika Serikat minggu lalu.

Pertama, menggalang pengakuan negara-negara terhadap kedaulatan Palestina. Berikutnya, terus mendorong implementasi Resolusi Majelis Umum PBB yang meminta Israel mengakhiri aktivitas ilegalnya di Palestina.

"Selama 10 tahun terakhir, selain bantuan pemerintah dan masyarakat Indonesia yang sangat besar. Kita juga salurkan 189 capacity building kepada lebih dari 2.000 beneficiaries Palestina. Dan tentunya, pembangunan RS Indonesia di Gaza," jelas Menlu Retno.

"Hal ini belum termasuk komitmen penyaluran bantuan ke Palestina melalui saluran lain seperti International Labour Organization (ILO) dan United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA)," tambahnya.

Menlu RI menambahkan, menjalankan politik luar negeri yang bermartabat ditengah situasi dunia yang kental dengan rivalitas tajam perlu Upaya keras.

Menlu Retno berterima kasih atas kerja sama dan dukungan selama masa jabatannya, serta mengingatkan seluruh bangsa Indonesia untuk tidak pernah lelah dalam membela kebenaran.

Selain memberikan Anugerah, pada kesempatan ini, MUI dan Baznas juga telah meluncurkan sebuah buku dengan judul 'Retno Marsudi Mujahidah Diplomasi Indonesia', juga sebagai apresiasi atas upayanya memperjuangkan kemerdekaan Palestina melalui diplomasi.