Lazio vs Nice: Kans Biancocelesti Melanjutkan Tren Positif

JAKARTA - Lazio akan melakoni laga kedua Liga Europa 2024/2025 menjamu Nice di Stadion Olimpico pada Kamis, 3 Oktober 2024, pukul 23.45 WIB.

I Biancocelesti menyambut Nice dengan misi melanjutkan tren positif. Lazio meraih hasil sempurna di partai pembuka Liga Europa dengan melumat Dynamo Kyiv 3-0.

Tiga gol dalam 30 menit babak pertama membuat Lazio menguasai pertandingan tersebut. Boulaye Dia menjadi pahlawan dengan dua golnya di Volksparkstadion Hamburg.

Setelah awal musim yang tidak konsisten, penampilan apik di Liga Europa itu memicu kesuksesan lain dalam pertandingan liga.

Saat bertandang ke markas Torino yang sedang dalam performa terbaik, Matteo Guendouzi dan Dia kembali mencetak gol dalam kemenangan 3-2.

Lazio saat ini menempati posisi kedelapan di klasemen Serie A dengan 10 poin dari enam pertandingan. Biancocelesti jelas mulai terbiasa dengan permainan di bawah asuhan Marco Baroni.

Mantan pelatih Hellas Verona itu kini akan mencoba membawa Lazio meraih kemenangan di dua laga pembuka Liga Europa mereka untuk pertama kalinya sejak 2017. Mereka ingin melanjutkan rangkaian hasil kandang yang baik di turnamen Eropa.

Menjelang berjumpa Nice, Nice telah memenangi tiga pertandingan kontinental terakhir mereka di Stadion Olimpico tanpa kebobolan satu gol pun. Semua kemenangan itu diraih di Liga Champions musim lalu.

Baru-baru ini, I Biancocelesti telah mencetak gol dalam 15 pertandingan berturut-turut di semua ajang sejak Derby della Capitale melawan Roma pada April 2024.

Sementara di kubu Nice, mereka melawat ke Roma dengan catatan minor. Klub Perancis itu sebelumnya kalah dalam enam pertemuan dengan tim Serie A.

Dua di antaranya dialami saat berjumpa Lazio di Liga Europa 2017/2018. Total dari enam kekalahan itu, Nice punya catatan telak, 13 kebobolan dan cuma sekali mencetak gol.

Statistik jelas tidak berpihak kepada Les Aiglons, julukan Nice. Rekor bagus mereka di Ligue 1 juga tampaknya tak akan membantu.

Sebagaimana diketahui, Nice mengalahkan tim promosi Saint-Etienne 8-0 di Allianz Riviera.

Lalu, setelah bermain imbang tanpa gol kontra Lens pada akhir pekan, Nice kini tak terkalahkan dalam tiga pertandingan. Mereka duduk di posisi kesembilan dalam klasemen Ligue 1.

Motivasi memutus rekor buruk pertemuan dengan tim Italia plus target finis di delapan besar Liga Europa memang bisa dikedepankan Nice. Apalagi, Los Aiglons meraih satu poin di laga pembuka Liga Europa melawan Real Sociedad (1-1).

Hanya saja, dorongan tersebut belum bisa menghilangkan status favorit Lazio di laga nanti.

Terlebih, Nice perlu berhitung dalam pemilihan skuad melawan Lazio. Mereka harus menentukan skala prioritas mengingat ada jadwal melawan Paris Saint-Germain di liga pada akhir pekan ini sepulang dari Italia.

Franck Haise ada kemungkinan bisa tidak menurunkan komposisi terbaik melawan Lazio demi mendulang poin penting kontra PSG.

Prakiraan Formasi

Lazio (4-2-3-1): Provedel; Marusic, Romagnoli, Gila, Pellegrini; Guendouzi, Vecino; Tchaouna, Dele-Bashiru, Pedro; Castellanos

Nice (3-4-3): Bulka; Ndayishimiye, Bombito, Dante; Clauss, Rosario, Louchet, Abdi; Boga, Moukoko, Guessand