Dukungan E-commerce Membuat UMKM Batik Raih Kesuksesan di Era Digital

JAKARTA - E-Commerce atau situs jual beli online memberikan banyak manfaat bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) batik. Mulai dari mendapat jangkauan pasar yang lebih luas hingga penjualan yang meningkat pesat.

Manfaat tersebut dialami oleh UMKM batik yang bermitra dengan Tokopedia dan ShopTokepedia, yang menghadirkan program Melokal dengan Batik. Program ini dihadirkan untuk mendorong kemajuan UMKM batik sekaligus mengajak lebih banyak masyarakat untuk memakai batik dalam keseharian.

Berkat Melokal dengan Batik di Tokopedia, ada beberapa produk batik mengalami kenaikan tertinggi nilai transaksi. Produk tersebut antara lain jaket, syal, blouse, dengan rata-rata lebih dari 1,5 kali lipat dari kuartal II 2024 Tokopedia.

Selain itu, sejumlah wilayah UMKM batik juga mengalami kenaikan tertinggi nilai transaksi produk. Seperti di Halmahera Tengah, Seluma, dan Rokan Hilir, dengan rata-rata lebih dari 17 kali lipat.

Sementara itu, dengan adanya Melokal Dengan Batik di ecommerce, terdapat beberapa produk batik dengan kenaikan tertinggi transaksi, antara lain kain, kemeja, dan sarung, dengan rata-rata lebih dari 3 kali lipat.

Sejumlah wilayah yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk batik di e-commerce adalah Jabodetabek, Pekalongan, dan Solo, dengan rata-rata hampir 50 persen dari kuartal kedua 2024.

“Kita selalu berkomitmen terutama pada saat merayakan Hari Batik, untuk terus membantu UMKM batik lokal dan memulai, membangun bisnis di era digital serta secara keseluruhan mendorong pertumbuhan ekonomi digital,” ujar Fashion Apparel and Campaign Senior Director Tokopedia and TikTok E-commerce, Desey Muharlina Bungsu, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, pada Rabu (2/10/2024).

Beberapa brand lokal batik yang bermitra di Tokopedia dan ShopTokopedia adalah Nona Rara Batik dan Oemah Etnik (OE).

Kedua jenama itu mengatakan, e-commerce berperan penting bagi perkembangan usaha mereka, terutama memudahkan menjangkau generasi muda agar semakin berminat mengenakan batik.

“Platform e-commerce sangat berperan penting dalam mempermudah sebanyak-banyaknya masyarakat mengakses dan mengenakan produk batik,” kata Brand Manager Nona Rara, Yunita Stefani pada kesempatan yang sama.

“Untuk meningkatkan awareness dan transaksi. Berkat pemanfaatan berbagai fitur (di e-commerce), omzet OE tahun ini meningkat sekitar 87 persen dibandingkan dengan tahun lalu,” tambah Founder and CEO OE, Rizki Triana.