PKB Tunjuk Rusdi Kirana Jadi Wakil Ketua MPR, PKS Tetap Tugaskan HNW Duduki Kursi Pimpinan

JAKARTA - Fraksi PKB MPR menunjuk pendiri Lion Air, Rusdi Kirana, sebagai wakil ketua MPR periode 2024-2029. Rusdi merupakan anggota DPR dari dapil Jawa Timur VIII. 

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, penunjukan Rusdi Kirana sebagai pimpinan MPR sudah disepakati. Rusdi, kata dia, hanya tinggal ditetapkan dan dilantik sebagai pimpinan MPR dari Fraksi PKB.

Rencananya, penetapan dan pelantikan pimpinan MPR akan digelar esok hari, Kamis, 3 Oktober pukul 10.00 WIB. Sementara pemilihan pimpinan MPR akan berlangsung nanti malam pukul 19.00 WIB.  

"Sudah, nanti akan disampaikan secara resmi dalam paripurna MPR untuk ditetapkan dan dilantik menjadi wakil ketua MPR RI," ujar Jazilul saya dikonfirmasi, Rabu, 2 Oktober. 

Sementara itu, Fraksi PKS juga telah menetapkan kadernya untuk mengisi posisi jabatan Wakil Ketua MPR. PKS tetap menugaskan anggota DPR dapil Jakarta Hidayat Nur Wahid, untuk menduduki kursi pimpinan MPR. 

"Iya masih Ust Dr HNW. Insya Allah sebentar lagi diumumkan," kata eks Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini, Rabu, 2 Oktober. 

Sebelumnya, Fraksi Partai Golkar memastikan Anggota DPR dapil Sumatera Selatan I, Kahar Muzakir menjadi pimpinan MPR periode 2024-2029 dari Fraksi Golkar. 

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh anggota DPR dari dapil Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily. 

"Yang pasti saya nggak," ujar Ace, Rabu, 2 Oktober. 

 

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu mengungkapkan, pimpinan MPR perwakilan fraksinya adalah orang yang memiliki pengalaman sebagai pimpinan alat kelengkapan dewan (AKD). 

"Dan juga pernah menjadi pimpinan fraksi (DPR). Mungkin saya kira figur senior," kata Ace. 

"Nanti malam akan diumumkan," imbuhnya. 

Saat disinggung nama Kahar Muzakir, Ace mengiyakan. 

"Ya," kata Ace sambil mengangguk.