Whale Kripto Ini Nyerok Dogecoin Sebanyak 1,4 Miliar DOGE

JAKARTA - Koin meme pertama di industri kripto, Dogecoin (DOGE) telah menarik perhatian publik baru-baru ini. Pasalnya dalam beberapa hari terakhir ini, DOGE menunjukkan peningkatan signifikan dalam aktivitas jaringan. 

Situasi ini menyiratkan terjadinya peningkatan minat dari para pelaku pasar. Data terbaru menyatakan bahwa Dogecoin mencatat kenaikan jumlah dompet baru secara signifikan dalam beberapa waktu terakhir.

Sementara itu, Analis kripto Ali Martinez melaporkan bahwa dalam sepekan terakhir, terjadi penambahan 19.630 alamat baru di jaringan Dogecoin. Angka ini mewakili peningkatan sebesar 72,29% dalam pembuatan dompet baru. Lonjakan ini bertepatan dengan kenaikan harga Dogecoin, yang berpotensi menjadi awal dari pergerakan besar bagi mata uang kripto tersebut.

Selain meningkatnya jumlah dompet baru, jumlah alamat aktif yang terlibat dalam transaksi Dogecoin juga meningkat tajam. Menurut data dari IntoTheBlock, volume transaksi besar, terutama yang bernilai lebih dari 100.000 dolar AS (sekitar Rp1,5 miliar), melonjak 52,1%, dari 189 transaksi menjadi 355 transaksi dalam satu hari. 

Kemudian pemegang besar Dogecoin, khususnya dalam 30 hari belakangan turut meningkat. Para pemegang DOGE antara 100 juta hingga 1 miliar DOGE, mencatat kenaikan kepemilikan sebesar 3,03%. Sementara itu, pemegang lebih kecil dengan saldo antara 1.000 hingga 10.000 DOGE juga mengalami kenaikan tipis sebesar 0,32%. 

Bersamaan dengan itu, sebuah pergerakan besar lainnya datang dari salah satu "whale" Dogecoin, yang dikabarkan membeli 1,4 miliar DOGE. Pembelian tersebut diperkirakan bernilai sekitar 176,4 juta dolar AS (sekitar Rp2,646 triliun) pada harga pasar saat ini. Berita ini ramai diperbincangkan di media sosial, bahkan menarik perhatian Billy Markus, pencipta Dogecoin yang dikenal sebagai Shibetoshi Nakamoto, yang merespons dengan komentar sederhana: "Wat."

Meskipun aktivitas jaringan meningkat, harga Dogecoin justru mengalami penurunan sebesar 8,1% dalam sehari terakhir. Berdasarkan data dari CoinMarketCap, Dogecoin saat ini diperdagangkan pada level 0,1069 dolar AS (sekitar Rp1.603), mencatat penurunan mingguan sebesar 2%. Namun demikian, volume perdagangan harian Dogecoin justru mengalami kenaikan sebesar 32%, menunjukkan aktivitas pasar yang tetap tinggi di tengah penurunan harga ini.