Fitur Baru Threads Akan Tampilkan Daftar Lengkap Pengikut dari Fediverse

JAKARTA - Meta terus meningkatkan kemampuan untuk platform jejaring sosial barunya Threads untuk terintegrasi langsung dengan Fediverse selama satu tahun terakhir.

Kepala Instagram, Adam Mosseri, mengatakan bahwa pembaruan Threads kini akan memungkinkan pengguna untuk mengedit postingan Threads, dan 15 menit setelah jendela edit tertutup, postingan baru itu akan muncul ke Fediverse. 

“Bagi Anda yang telah mengaktifkan fitur berbagi ke fediverse, ini berarti posting Threads Anda sekarang akan dibagikan ke fediverse 15 menit kemudian,” kata Mosseri dalam pengumumannya di Threads. 

Selain itu, bagi siapapun pengguna yang telah memilih untuk berbagi di Threads melalui fediverse, mereka akan dapat melihat daftar terperinci pengikut mereka dari server lain dan melihat profil orang-orang tersebut. 

Dengan demikian, kemampuan ini akan memberi orang-orang di Threads gambaran yang lebih baik tentang jangkauan dan audiens mereka di Mastodon dan aplikasi lainnya. 

Tapi sayangnya, dukungan fediverse dan Threads masih agak terbatas secara keseluruhan. Pengguna masih tidak dapat membalas balasan yang berasal dari aplikasi di luar Threads, dan tidak ada cara untuk mencari orang di server lain dari Threads.

“Jika Anda memiliki masukan atau saran lain untuk Threads, silakan beri tahu saya di balasan,” tutup Mosseri. 

Beberapa waktu lalu, Meta mengumumkan bahwa platform mikroblog yang terintegrasi dengan Instagram itu kini bisa membagikan lokasi melalui postingan. 

Di versi Threads terbaru, pengguna akan melihat ikon pin saat ingin membuat postingan. Ikon ini ditempatkan sejajar dengan fitur penambahan gambar, audio, hingga tagar. Saat fitur ikon pin tersebut di klik, lokasi pengguna akan terlihat di bagian bawah username.