Google Tambahkan Fitur "Song Search" di Quick Settings Tile Android

JAKARTA - Google terus memperkaya fitur pencarian lagunya di Android dengan menambahkan opsi akses cepat melalui Quick Settings (QS) Tile. Dalam pembaruan aplikasi Google versi 15.39 (saat ini masih dalam versi beta), pengguna Android akan melihat adanya Tile "Song Search" baru dengan ikon not musik sederhana.

Dengan satu ketukan, pengguna dapat meluncurkan efek globe layar penuh yang diperkenalkan awal tahun ini untuk mencari lagu. Hasil pencarian lagu akan ditampilkan di halaman hasil pencarian Google setelah lagu berhasil dikenali. Ini adalah QS Tile pertama yang dimiliki oleh aplikasi Google, dan fitur serupa kemungkinan akan segera hadir di Wear OS.

Fitur ini hadir setelah aplikasi Google di iOS baru-baru ini meluncurkan widget pencarian yang dapat disesuaikan, termasuk akses cepat ke "Song Search". Hal serupa juga akan hadir di Android.

Fitur QS Tile ini mirip dengan yang ditawarkan Shazam. Aplikasi milik Apple tersebut baru-baru ini menambahkan kemampuan untuk mengakses riwayat pencarian lagu dengan menekan Tile-nya lebih lama.

Pengguna Android sekarang memiliki beberapa cara untuk mengakses Song Search, mulai dari widget di layar utama, ikon mikrofon di bilah pencarian > cari lagu, Google Assistant/Gemini, dan Circle to Search.

Untuk menambahkan Tile "Song Search" di perangkat Pixel, pengguna hanya perlu membuka Quick Settings sepenuhnya, mengetuk ikon pensil, lalu menggulir ke bagian paling bawah dan menyeret Tile ke posisi yang diinginkan.

Fitur Song Search Quick Settings Tile akan dirilis secara bertahap dengan versi 15.39 aplikasi Google dan diperkirakan akan tersedia di versi stabil dalam minggu mendatang.