Legenda NBA Dikembe Mutombo Meninggal Dunia

JAKARTA – Legenda basket yang masuk dalam jajaran Hall of Fame NBA, Dikembe Mutombo, meninggal dunia karena kanker otak pada usia 58 tahun.

Mutombo memulai pengobatan untuk kanker otak sejak Oktober 2022 sebelum dilaporkan meninggal pada Senin, 30 September 2024, malam waktu Indonesia.

"Dikembe Mutombo benar-benar luar biasa. Di lapangan, ia adalah salah satu pemain bertahan dan pemblokir tembakan terbaik dalam sejarah NBA," kata komisaris NBA, Adam Silver, dikutip dari BBC Sport.

Selama aktif bermain, Mutombo tercatat sebanyak delapan kali masuk dalam NBA All-Star. Ia pun kemudian memutuskan pensiun pada tahun 2009.

Ia menghabiskan 18 tahun kariernya di basket dengan membela Denver Nuggets, Atlanta Hawks, Philadelphia 76ers, New Jersey Nets, New York Knicks, dan Houston Rockets.

Adam mengatakan bahwa selain jagoan di atas lapangan, Mutombo juga terkenal sebagai orang memiliki jiwa sosial tinggi di luar lapangan.

"Di luar lapangan, ia mencurahkan hati dan jiwanya untuk membantu orang lain," kata Adam.

Selepas memutuskan mengakhiri kariernya di basket, Hawks dan Nuggets pun langsung memensiunkan nomor punggung 55 yang identik dengan Mutombo.

Setelah itu, ia menjadi duta global pertama NBA yang membantu mempromosikan olahraga tersebut di Afrika. Kemudian pada 2015 ia pun dinobatkan masuk dalam jajaran NBA Hall of Fame.