Mengenal Romy Soekarno, Keponakan Megawati yang Gantikan Arteria Dahlan di DPR

YOGYAKARTA – Sebagian di antara kita mungkin ada yang belum mengenal Romy Soekarno. Ia adalah pengganti Arteria Dahlan di DPR untuk Periode 2024-2029.

Pada Pileg 2024, Romy sedianya gagal melenggang ke Senayan lantaran hanya meraih 51.245 suara di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur VI yang mencakup Tulungagung, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kota Kediri, dan Kabupaten Kediri.

Kursi DPR yang saat ini diduduki oleh Romy seharusnya menjadi milik Sri Rahayu, caleg PDIP peraih suara terbanyak kedua di Dapil Jawa Timur VI. Sri Rahayu mengantongi 111.284 suara sah, membuatnya berada di urutan kedua di bawah adik mantan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Pulung Agustanto, dengan perolehan 165.868 suara sah.

Akan tetapi, dalam perjalanannya, Sri Rahayu mengundurkan diri dan jatah kursi diberikan kepada Arteria Dahlan yang meraih 62.242 suara sah.

Belakangan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengonfirmasi Arteria Dahlan mundur. Sehingga jatah kursi PDIP dari Dapil tersebut diberikan kepada Romy Soekarno selaku peraih suara terbanyak keempat di Dapil VI.

Penetapan Romy sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029 tercantum dalam Surat Keputusan (SK) KPU 1401/2024 tentang Perubahan Kelima Atas Keputusan KPU Nomor 1206/2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPR Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Lantas, seperti apa sosok Romy Soekarno? Simak rangkuman informasinya dalam ulasan berikut ini.

Mengenal Romy Soekarno

Romy Soekarno lahir dengan asli Hendra Rahtomo. Ia merupakan cucu dari Presiden Pertama RI, Soekarno.

Lahir pada tahun 1972, Romy adalah putra sulung pasangan Rachmawati Soerkarnoputri dan Martomo Pariatman Marzuki.

Rachmawati sendiri merupakan adik kandung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dengan demikian, Romy merupakan keponakan Megawati.

Pada 1996, Romy Soekarno menikah dengan aktris Donna harun. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai seorang anak, yakni Muhammad Jihad Rahtomo Soekarnoputra atau Jeje Soekarno yang saat ini dikenal sebagai influencer. Pada 2018, pernikahan Romy dan Donna kandas.

Sebelum terjun di dunia politik, Romy rupanya sempat berkarier sebagai disc jockey (DJ).

Setelah vakum dari industri musik, Romy fokus ke dunia bisnis. Ia menjabat sebagai Presiden Direktur pada Mahadana Group, sebuah perusahaan besar yang bergerak di berbagai sektor.

Berikutnya, Romy terjun ke dunia politik, mengikuti jejak ibunya, Rachmawati Soekarnoputri.

Menyadur Antara, Romy saat ini juga menjabat sebagai Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Soekarno dan Dewan Pembina Yayasan Fatmawati.

Yayasan Pendidikan Soerkano merupakan yayasan yang menaungi Universitas Bung Karno, Jakarta Pusat.

Romy dikenal sebagai pengusaha kaya raya. Dia mengoleksi beberapa mobil mewah, salah satunya Aston Martin seharga Rp18 miliar.

Karena kekayannya itu, Romy mendapat julukan sebagai ‘Crazy Rich Indonesia’. Tak hanya itu, Romy juga dikenal sebagai sosok yang karismatik dan dekat dengan berbagai kalangan.

Profil Romy yang kuat, baik di dunia politik maupun bisnis, menjadikannya sosok yang berpengaruh dalam partai dan berhasil melenggang ke Senayan pada Pileg 2024.

Demikian ulasan tentang profil Romy Soekarno alias Hendra Rahtomo. Semoga informasi ini bisa membuat Anda lebih mengenal Romy Soekarno. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.