Legislator PDIP Bocorkan Soal Pimpinan Baru: Puan Tetap Ketua, Dasco Jadi Wakilnya dan 3 Nama Baru

JAKARTA- Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengaku sudah mendapat bocoran siapa saja yang akan menduduki kursi pimpinan DPR periode 2024-2029. Said memastikan, Ketua DPR RI tetap dijabat Puan Maharani.

"Mbak Puan Maharani untuk kedua kalinya memimpin DPR RI,” ujar Said di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 1 Oktober. 

Sementara untuk posisi wakil ketua DPR, menurut Said, Sufmi Dasco Ahmad tetap menjadi perwakilan dari Fraksi Gerindra. Kemudian ada tiga nama bar untuk mendampingi Puan sebagai pimpinan, yakni Adies Kadir dari Fraksi Golkar, Saan Mustofa dari Fraksi NasDem dan Faisol Riza dari Fraksi PKB.

“Sekelumit tentu dari Gerindra Pak Dasco, Golkar nampaknya menurut hemat saya Adies Kadir, dari Nasdem Saan Mustofa dan dari PKB mantan ketua komisi 6 adinda Riza,” kata dia.

Kemudian, kata Said, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani akan menjadi Ketua MPR periode 2024-2029 menggantikan Wakil Ketua Umum Golkar, Bambang Soesatyo. 

“Yang saya tahu Pak Muzani Ketua MPR. Insya Allah karena bagaimanapun Presiden terpilih punya ketua MPR itu wajar-wajar saja,” kata Said. 

"(Kalau dari PDIP) Belum ada surat dari DPP,” imbuhnya. 

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memastikan, tidak ada perubahan ketentuan penyusunan formasi pimpinan DPR periode 2024-2029. Ia menyatakan, formasi pimpinan DPR akan tetap mengikuti Undang-Undang (UU) MPR/DPR/DPD/DPRD (MD3).

"Kita sudah sama-sama tahu bahwa dalam periode ini tidak ada perubahan UU MD3 sehingga pimpinan DPR tentunya mengacu pada UU MD3 yang masih berlaku pada saat ini," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin, 30 September. 

Menurut Dasco, ketua DPR periode selanjutnya tetap berasal partai politik (parpol) pemenang Pileg 2024 yakni PDI Perjuangan. Sementara kursi wakil ketua DPR, akan ada 4 wakil yang beras dari partai sesuai urutan suara terbanyak.

"Ya tentunya kalau melihat UU MD3 paket pimpinan itu sudah diatur dengan ketentuan paket pimpinan pemenang satu, kedua, ketiga, keempat dan kelima yang nanti akan diusulkan oleh masing-masing fraksi nama-namanya dan langsung ditetapkan," ucap Dasco.