Kapan Sebaiknya Minum Air Rendaman Nanas? Ini Khasiat dan Resepnya

YOGYAKARTA – Sempat heboh di kalangan masyarakat terkait khasiat air nanas panas untuk kesehatan. Seperti namanya, air rendaman panas dibuat dengan cara memotong buah nanas lalu mencelupkannya di dalam air serupa infuse water. Untuk mendapatkan khasiatnya, ketahui kapan sebaiknya minum air rendama nanas dalam sehari.

Anjuran Kapan Sebaiknya Minum Air Rendaman Nanas

Dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan, nanas memiliki nutrisi yang cukup banyak. Buah tersebut mengandung serat, kalsium, fosfor, kalium, natrium, serta vitamin mulai dari C, B1, B2, dan B3. Kandungan nutrisinya yang sangat banyak menjadikan nanas sangat baik untuk kesehatan.

Nanas bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Saat ini ada banyak yang menganjurkan untuk mengonsumsi air rendaman nanas. Cara tersebut tetap diperbolehkan karena nanas juga mampu memberikan energi untuk tubuh.

Untuk kebutuhan energi seharian, air rendaman nanas yang segar bisa dikonsumsi saat pagi hari atau ketika cuaca di luar sedang panas. Meski demikian disarankan untuk tetap hati-hati bagi orang yang memiliki kondisi medis tertentu misalnya penderita maag. Air nanas yang asam akan memicu rasa perih akibat asam lambung berlebih.

Manfaat Air Rendaman Nanas

Dilansir dari indianexpress, Payal Sharma, ahli gizi senior, Rumah Sakit Spesialis Dharamshila Narayana menjelaskan bahwa nanas memiliki banyak enzim di dalamnya seperti bromelain. Enzim tersebut membantu melancarkan pencernaan serta memecah protein. Mengonsumsi nanas dapat meredakan kembung.

Selain itu sifat nanas yang memiliki anti radang mampu mengurangi peradangan yang ada di dalam tubuh, meredakan nyeri pada sendi serta mengurangi pembengkakan. Beta karoten pada nanas, kata Sharma, mampu meningkatkan pengelihatan.

Cara Membuat Air Nanas

Cara membuat air nanas sebenarnya sangat mudah. Bahkan bahan lain bisa ditambahkan agar rasanya semakin lezat. Berikut ini resep dan cara membuat air nanas.

Bahan:

  • Sediakan nanas manis yang sudah dipotong
  • 6 gelas air
  • Tambahan herbal seperti daun mint, kemangi, dan jahe
  • Es (opsional)

Cara membuat:

  1. Nanas yang telah dipotong langsung di rendam ke dalam air
  2. Tambahkan rempah lain agar rasa dan khasiatnya bertambah
  3. Setelah itu diamkan air selama beberapa jam. Disarakan untuk merendamnya ke dalam botol lalu dimasukkan ke dalam kulkas agar makin segar

Perlu diketahui bahwa khasiat rendaman air nanas masih membutuhkan penelitian yang lebih dalam. Namun jika dibandingkan dengan air soda, air nanas tentu lebih menyehatkan dan lebih ampuh menjaga kesegaran tubuh.

Disarankan pula untuk membuat infuse water dengan isi berbagai macam buah seperti apel, tomat, lemon, nanas, atau buah lain sesuai selera Anda.

Itulah informasi terkait kapan sebaiknya minum air rendaman nanas. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.