Shin Tae-yong Sebut Jens Raven Belum Layak Promosi ke Timnas Indonesia Senior

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menjawab peluang striker Timnas Indonesia U-20, Jens Raven, promosi ke tim senior. Pelatih asal Korea Selatan ini ternyata punya pandangan sendiri.

Jens Ravens menjadi salah satu pemain yang punya peran besar dalam lolosnya Garuda Muda ke putaran final Piala Asia U-20 2025. Ia bahkan tercatat membukukan tiga gol di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Dia selalu mencetak gol di tiap laga.

Sebelum tampil cemerlang di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, Jens Raven juga tampil gemilang di Piala AFF U-19 2024. Dia mencetak empat gol di turnamen yang mana Garuda Muda jadi juara.

Meskipun tampil impresif dan mencolok di dua turnamen bersama Indonesia U-20, Shin Tae-yong punya penilaian sendiri terhadap performa Jens.

Disinggung soal kans sang pemain promosi ke tim senior, sang pelatih punya jawaban sendiri.

Kata sang pelatih, saat ini Jens Raven belum cakap untuk menjalani promosi ke skuad Timnas Indonesia yang sedang berlaga di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Segitu saja sangat kurang. Masih dibutuhkan power lebih dan daya berjuang. Kalau segitu saja, tidak akan pas untuk di Timnas Indonesia senior," ucap Shin Tae-yong selepas menyaksikan laga Indonesia U-20 vs Yaman U-20 dikutip Senin, 30 September 2024.

Walaupun saat ini Jens Raven dirasa masih belum bisa promosi ke tim senior, menurut Shin Tae-yong, Jens Ravens masih punya waktu panjang karena usianya saat ini masih 18 tahun. Kemampuannya tentu bakal terus berkembang.

Saat ini, ia membela Dordrecht yang berlaga di level kedua kompetisi Belanda. Piala Asia U-20 2025 yang digelar di China pada Februari 2025 jadi momen berikutnya bagi Jens Raven untuk unjuk gigi.